Wahana Venus Express Bakal Dijatuhkan ke Planet Venus

Venus Express. Kredit: ESA
Info Astronomy - Setelah delapan tahun di orbit Planet Venus, wahana antariksa Venus Express milik Lembaga Antariksa Eropa (ESO) telah menyelesaikan misinya dan sedang mempersiapkan untuk terjun ke atmosfer Venus.

Venus Express diluncurkan menggunakan Soyuz-Fregat dari Russia Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada tanggal 9 November 2005 dan tiba di orbit Venus pada tanggal 11 April 2006.

Wahana ini telah mengorbit Venus dalam jalur elips tiap 24 jam. Dengan ditanamkan tujuh instrumen, Venus Express telah mempelajari secara komprehensif tentang ionosfer, atmosfer dan permukaan Venus.

Venus memiliki suhu permukaan lebih dari 450°C, jauh lebih panas dari oven milik Anda. Venus juga sangat padat, suasana di permukaannya sangat disesaki gas beracun.

Walau keadaannya saat ini mengerikan, setelah diteliti ternyata Venus mungkin pernah memiliki sistem lempeng tektonik seperti Bumi, dan bahkan punya lautan air cair.

Lautan air cair di Venus telah menguap sejak jutaan tahun yang lalu. Hal ini diakibatkan oleh efek rumah kaca yang berlebihan di atmosfernya. Bumi dan Venus diperkirakan juga memiliki jumlah air yang sama saat baru terbentuk.