Planet Mars Ditumbuk Asteroid Seukuran Truk Tronton

Kawah asteroid baru hasil tumbukan di Planet Mars. Kredit: NASA JPL
Info Astronomy - Asteroid yang diidentifikasi berukuran 400 cm atau sama dengan truk tronton menumbuk permukaan Planet Mars pada 27 Maret 2014.

Tanpa bisa ditolak lagi, bongkahan batu jumbo untuk ukuran kita ini pun melesat ke arah planet tetangga dekat Bumi itu dengan kecepatan lumayan tinggi, sekitar 7 km/detik alias 25.200 km/jam!

Dengan begitu si asteroid yang kemudian menjadi meteoroid ini melesat secepat lebih dari 20 kali kecepatan suara.

Lapisan-lapisan udara Mars yang tipis tak sanggup menahan meteoroid ini meskipun sudah berusaha habis-habisan menggerus dan menguapkannya.

Atas: sebelum ditabrak, Bawah: setelah ditabrak asteroid. Kredit: NASA JPL/Caltech
Namun begitu, saat mencium permukaan Mars, asteroid tersebut telah pecah dan menyisakan bongkahan berdiameter 150 cm.

Dengan kecepatan tinggi bongkahan 150 cm ini pun akhirnya jatuh menumbuk tanah berpasir di planet merah dengan kerasnya.

Sebuah cekungan (kawah) berdiameter 48,5 meter segera terbentuk, diiringi dengan pelepasan energi lebih dari 140 GigaJoule atau setara kekuatan ledakan sebuah bom raksasa dengan kandungan bahan peledak tingkat tinggi trinitrotolena (TNT) sebesar lebih dari 30 ton.

Sementara bongkahan terbesar melubangi tanah Mars, kekuatan ledakan di udara Mars menghempaskan gelombang kejut (shockwave) yang menghantam dan mengubah permukaan tanah Mars hingga radius 8 kilometer dari ground zero (proyeksi titik ledakan di daratan Mars).