LAPAN Bakal Bangun Observatorium Baru di Kupang

Observatorium Bosscha. Kredit: H. Anwar
Info Astronomy - Berbicara tentang observatorium, yang pertama kali terlintas dipikiran Anda mungkin adalah observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Sayangnya, tidak terlalu banyak masyarakat Indonesia yang peduli dengan adanya observatorium.

Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda.

Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36' Bujur Timur dan 6° 49' Lintang Selatan.

Observatorium Baru
Kapala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Prof. Dr. Thomas Djamaluddin bertemu dengan Himpunan Astronomi Indonesia (HAI), beberapa waktu yang lalu, Kamis, 24 April 2014.

Dalam pertemuan tersebut dibahas rencana pembangunan observatorium nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala LAPAN menyambut baik gagasan pembangunan observatorium nasional tersebut dan menyarankan untuk dimasukkan ke dalam rencana induk penyelenggaraan keantariksaan yang sedang disusun oleh LAPAN.

Budi Darmawan dari HAI menjelaskan bahwa selain untuk observasi dan penelitian di bidang astronomi, sasaran pembangunan observatorium ini adalah sebagai media edukasi terhadap generasi muda dan masyarakat, serta untuk mendorong kegiatan pariwisata.