Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

7-8 Juli 2014, Giliran Saturnus Didekati Bulan

7-8 Juli 2014, Giliran Saturnus Didekati Bulan
7-8 Juli 2014, Giliran Saturnus Didekati Bulan
Infografik letak Bulan dan Saturnus pada 7 dan 8 Juli 2014. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Malam ini, 7 Juli 2014, orang-orang di seluruh dunia berkesempatan melihat Planet Saturnus yang berdekatan dengan Bulan.

Saturnus dan Bulan akan terbit di langit Timur pada pukul 15:00 waktu setempat. Namun baru bisa diamati 1 jam setelah Matahari terbenam sore harinya.

Untuk seluruh wilayah Indonesia, Saturnus dan Bulan hanya berdekatan biasa saja seperti gambar di atas. Sementara itu, di Amerika Selatan, Saturnus akan digerhanai oleh Bulan atau yang disebut Okultasi Saturnus.

Okultasi Saturnus 22 Mei 2007. Kredit: Andy
Bulan dan Saturnus akan membuat pendekatan dekat, keduanya hanya akan berdekatan 0°26' satu sama lain.

Di Indonesia, keduanya akan terlihat sepanjang malam. Mereka akan mulai terlihat pada sekitar 18:03 waktu setempat.

Keduanya kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada 19:46 waktu setempat, dan bisa terus diamati sampai sekitar pukul 01:23 waktu setempat, ketika mereka tenggelam ke ufuk barat Anda.

Pada saat berdekatan, Bulan akan bersinar di magnitudo -12,3, dan Saturnus di magnitudo 0.9. Dengan begitu mereka bisa diamati dengan mata telanjang. Namun Anda tidak akan melihat cincin Saturnus tanpa teleskop.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.