Bisakah Kita Hidup di Planet Mars?

Ilustrasi manusia yang hidup di Planet Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Mengapa hidup di Bumi jika Anda bisa hidup di Mars? Sebenarnya, Anda tidak bisa. Mars memiliki lingkungan yang benar-benar 'bermusuhan' dengan kehidupan manusia.

Banyak manusia berpikir ingin pergi Mars. Tujuannya tidak lain untuk membuat planet hunian lain bagi umat manusia, untuk mencari sumber daya tambahan, atau hanya guyonan saja.

Elon Musk mengatakan bahwa tujuan dari SpaceX adalah untuk membantu manusia sampai ke Mars. Mereka merancang roket, pendarat dan peralatan untuk mendukung misi itu. Musk ingin membangun sebuah koloni Mars dengan jumlah 80.000 orang.

Mars memang indah. Jika Anda tidak terbuat dari daging dan tidak perlu menghirup oksigen, Anda bisa langsung membuat visa untuk ke Mars sekarang.

Pertama, tidak ada udara di Mars. Jika Anda berada di permukaan Mars, Anda akan langsung pingsan, lalu kekurangan oksigen. Dan mati lemas.

Hampir tidak ada tekanan udara di Mars, ditambah pula suhu yang sangat dingin. Juga menurut penelitian NASA, tanah Mars mengandung racun.

Jika Anda berniat untuk hidup di Mars dan tinggal di sana secara permanen, Anda akan memiliki ketergantungan akut pada teknologi yang bisa menjaga Anda agar tetap hidup, dan merasa nyaman.

Untuk dapat bertahan dari kurangnya tekanan udara dan dinginnya suhu Mars, manusia membutuhkan teknologi habitat bertekanan dan suhu yang pas.

Selain itu, Anda perlu untuk menghasilkan bahan makanan Anda sendiri. Tanah beracun di Mars dan tidak adanya oksigen membuat tidak adanya satu tanaman pun di Planet Merah.

Satu lagi yang tidak diketahui banyak orang yang ingin ke Mars adalah, gravitasi Mars berbeda dengan gravitasi Bumi. Anda perlu waktu yang lama untuk beradaptasi dengan gravitasinya, paling cepat: 4 pekan.

Jika Anda berhasil mendarat di Mars, Anda tidak akan langsung bisa berdiri atau berjalan bahkan berlari. Anda akan lemas, 'lupa' cara berdiri.

'Lupa' cara berdiri ini diakibatkan oleh 2 faktor. Pertama, telalu lamanya Anda di perjalanan di luar angkasa. Perjalanan Bumi-Mars adalah 1 tahun (paling cepat). Kedua, gravitasi Mars yang berbeda tadi.

Untuk berkembang biak di Mars, mungkin bisa mengakibatkan rekayasa genetika untuk membantu generasi mendatang beradaptasi dengan gravitasi rendah di Mars, radiasi yang lebih tinggi dan tekanan udara rendah. Wujud manusia akan berubah.

Pada akhirnya, untuk saat ini Planet Mars tidak layak huni untuk manusia seperti kita. Mungkin butuh ribuan atau bahkan jutaan tahun untuk bisa membuat Mars jauh lebih nyaman untuk kehidupan Manusia.