Studi NASA: Planet X Tidak Pernah Ada

Orbit 'bohong' planet X. Kredit: Zoom Universe
Info Astronomy - Setelah mencari ratusan juta obyek di alam semesta, teleskop inframerah bernama Wide-Field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA membuktikan tidak adanya obyek yang bernama Planet X, NASA mengumumkannya hari ini (8/14).

Sejak sebelum astronom Clyde Tombaugh menemukan Pluto pada tahun 1930, para astronom membuat teori tentang planet yang seharusnya ada namun kanyataannya sebaliknya dalam tata surya kita.

Pada tahun 1906, Percival Lowell menjadi terkenal karena pencarian Planet X. Dia meninggal pada tahun 1916. Clyde Tombaugh diminta untuk menyelidiki Planet X ini di observatorium milik Lowell.

Semakin berkembangnya zaman, tidak hanya planet hipotesis bernama Planet X yang diklaim ada. Ada juga planet yang dinamakan Nemesis atau Tyche. Beberapa orang awam berspekulasi bahwa planet besar yang tak terlihat ini "bersembunyi" di Awan Oort yang ada di ujung tata surya kita.

Dalam beberapa tahun terakhir, isu kiamat mengatakan bahwa Planet X sedang menuju Bumi, pada jalur tabrakan dengan Bumi. Pemberitaan ini digembar-gemborkan, namun tidak ada tanda-tanda Planet X tersebut.

Studi misi teleskop WISE milik NASA baru-baru ini menyatakan Planet X tidak akan pernah ditemukan, karena memang tidak ada. Penelitian ini melibatkan pemeriksaan data WISE meliputi seluruh langit dalam cahaya inframerah.