Mengenal Tereshkova, Wanita Pertama di Luar Angkasa

Valentina Tereshkova. Kredit: Rocosmos
Info Astronomy - Kosmonot Uni Soviet, Valentina Tereshkova, membuat sejarah sebagai wanita pertama yang pernah meluncur ke luar angkasa, ia diluncurkan menggunakan wahana kapsul Vostok 6 pada tanggal 16 Juni 1963.

Kosmonot adalah sebutan untuk orang Rusia yang ke luar angkasa. Sedangkan astronot digunakan untuk menyebut orang Amerika yang ke luar angkasa.

Tereshkova saat itu berusia 26 tahun, ia meluncur dari Kosmodrom Baikonur --mengikuti jejak bersejarah Kosmonot Yuri Gagarin, manusia pertama yang meluncur ke luar angkasa pada tahun 1961.

Misi Tereshkova jauh lebih lama, berlangsung hampir 3 hari (tepatnya 70 jam 50 menit) untuk total 49 kali mengorbit Bumi pada ketinggian berkisar 180-230 kilometer.

Dia melakukan percobaan sains, mengambil foto-foto yang membantu mengidentifikasi aerosol dan mengemudikan wahana Vostok 6 secara manual. Itu misi luar angkasa satu-satunya yang ia jalani.

Saat ini ia berusia 76 tahun, namun Tereshkova memilih untuk melupakan masa pensiun dan memutuskan untuk mendaftar pada petualangan luar angkasa ke planet Mars.

"Saya siap untuk pergi ke Mars," katanya menurut Roscosmos, Federal Space Agency Rusia. Rupanya Mars adalah planet favoritnya.

Saat di luar angkasa, Tereshkova menderita 'sakit antariksa', ia tidak makan selama 3 hari. Ketika ia pulang ke Bumi, wanita-wanita petani memberinya roti hitam dan bawang.