Bulan dan Bintang Aldebaran Bertemu Malam Ini

Letak Bulan dan Aldebaran malam ini. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Aldebaran, bintang paling terang di rasi bintang Taurus, akan berdekatan dengan Bulan dalam fase Bulan Sabit pada malam 7 Maret 2014.

Seperti pada foto di atas, ada juga planet Jupiter malam ini. Untuk membedakannya, Jupiter bersinar lebih cemerlang daripada bintang apapun. Bahkan lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit malam.

Menarik garis imajiner ke arah barat dari Jupiter, maka akan terlihat bintang Aldebaran dan gugus bintang Pleiades. Jupiter berada di eliptika, sedangkan Aldebaran di selatan ekliptika dan gugus bintang Pleiades berada utaranya.

Beberapa hari ke depan, Bulan akan berdekatan dengan Jupiter. Tepatnya tanggal 10 Maret 2014. Keduanya bisa diamati sejak Matahari terbenam di langit atas kepala.

Dekatnya Bulan dan bintang Aldebaran ini bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia saat beberapa menit setelah Matahari terbenam sampai pukul 00:00 waktu setempat saat keduanya terbenam di Barat.