Apa yang Membuat Venus Paling Terang di Langit Malam?

Mercusuar dan planet Venus. Kredit: James Jordan
Info Astronomy - Planet Venus, merupakan planet yang cahayanya paling terang dibanding planet lain di tata surya saat diamati dari Bumi.

Dan yang menarik, Venus juga merupakan obyek langit paling cemerlang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan. Apa yang membuat ia begitu terang?

Para astronom menggunakan istilah "albedo" untuk menggambarkan seberapa terang obyek semesta. Ketika cahaya Matahari menyinari obyek, sebagian diserap oleh permukaan obyek atau atmosfernya, lalu dipantulkan ke mata kita.

Albedo adalah perbandingan antara berapa banyak cahaya yang menyinari suatu obyek semesta dengan berapa banyak cahaya yang dipantulkan obyek semesta tersebut.

Venus memiliki albedo tertinggi daripada planet manapun di tata surya kita. Venus begitu terang karena memantulkan lebih dari 70% dari sinar Matahari yang sangat mencolok.

Ini juga merupakan reflektif sebagai fakta bahwa Venus diselimuti awan. Sinar Matahari memantul dari awan di atmosfernya sehingga membuat Venus begitu terang di langit malam.

Saat Bulan Purnama, Bulan memang bisa terlihat jauh lebih terang dari Venus, tapi faktanya Bulan hanya memantulkan cahaya sekitar 10% dari cahaya Matahari.

Bulan memiliki albedo yang rendah sekitar 0,1, yang berarti bahwa Bulan mencerminkan sekitar 10% dari cahaya yang diterimanya.

Sementara Venus adalah obyek yang paling reflektif di tata surya kita, dengan albedo 7. Bulan memiliki albedo rendah karena terbuat dari batu vulkanik. Bulan terlihat lebih terang karena ia berada lebih dekat dengan Bumi.