5 Fakta Tersembunyi Tata Surya Kita

Konsep tata surya kita. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Pernahkah Anda membuat model tata surya kita dengan styrofoam di sekolah dasar? Tata surya kita bahkan lebih dingin dari itu! Berikut adalah 5 fakta tersembunyi tata surya yang mungkin tidak diketahui.

1. Planet terpanas bukan Merkurius!
Orang awam akan langsung mengasumsikan bahwa, Merkurius merupakan planet paling panas di tata surya kita. Ini dikarenakan jarak Merkurius lah yang paling dekat dengan Matahari, sebab ia adalah planet pertama.

Asumsi tersebut, salah. Faktanya, Venus lah yang merupakan planet terpanas di tata surya. Ini dikarenakan adanya efek rumah kaca berlebihan di atmosfer Venus. Sehingga panas Matahari yang masuk ke permukaan tidak akan kembali ke angkasa.

Suhu rata-rata Venus pada siang hari bisa mencapai 875 derajat Fahrenheit. Suhu sepanas ini dapat melelehkan baja dalam hitungan detik.

2. Pluto lebih kecil dari Amerika Serikat
Jarak seluruh Amerika Serikat hampir 4600 kilometer (dari California Utara ke Maine). Dengan perkiraan terbaik saat ini, sedangkan Pluto hanya lebih dari 3070 kilometer (dari ujung kembali ke ujung semula (bola)).

Hal inilah yang membuat status "planet" Pluto diturunkan menjadi "planet katai" pada tahun 2006 oleh International Astronomical Union (IAU).

3. Ujung tata surya 1000 kali lebih jauh dari Pluto
Anda mungkin masih berpikir bahwa ujung tata surya kita adalah orbit si Planet Kerdil Pluto. Faktanya, para astronom telah menemukan benda-benda yang mengorbit Matahari yang jaraknya lebih jauh dari Pluto.

Disebut "Obyek Trans-Neptunian" (Tnos), atau "Obyek Sabuk Kuiper" (KBOS). Sabuk Kuiper diperkirakan berada di jarak 50-60 Satuan Astronomi (SA, atau rata-rata jarak Bumi dari Matahari).

Bagian yang lebih jauh ;agi dari tata surya, adalah Awan Oort, berjarak 1000 SA dari Matahari dan membentang 50000 SA, atau sekitar setengah tahun cahaya --lebih dari seribu kali lebih jauh dari Pluto.

4. Jupiter memiliki lautan terbesar daripada planet manapun
Mengorbit Matahari di tata surya dengan lima kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi, Jupiter mempertahankan tingkat yang jauh lebih tinggi dari hidrogen dan helium daripada planet Bumi.

Bahkan, Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Tekanan yang meningkat menuju inti Jupiter mengubah hidrogen menjadi cair. Model komputer menunjukkan bahwa tidak hanya memiliki lautan terbesar, tetapi juga yang terdalam (40.000 km).

5. Ngarai terbesar dan gunung api tertinggi di tata surya ada di Mars
Banyak hal yang masih belum diketahui manusia tentang planet tetangganya, Mars. Fakta menunjukan, di Mars ada ngarai terbesar dan gunung api tertinggi di tata surya kita.

Planet Mars memiliki ngarai terbesar di tata surya, kedalamannya diperkirakan hingga 6 kali lipat kedalaman ngarai di Grand Canyon atau sekitar 10 ribu meter. Gunung Olympus di Planet Mars adalah gunung api tertinggi di tata surya. Ketinggiannya mencapai 27 ribu meter atau 3 kali lipat tinggi Gunung Everest.