Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Seperti Inilah Foto Bumi yang Diabadikan di Planet Mars

Seperti Inilah Foto Bumi yang Diabadikan di Planet Mars
Seperti Inilah Foto Bumi yang Diabadikan di Planet Mars
Foto Bumi dari planet Mars. Kredit: NASA, Ma'rufin Sudibyo
Info Astronomy - Melihat foto planet Mars yang diambil dari Bumi mungkin sudah biasa untuk sebagian orang, tapi bagaimana jika sebaliknya?

Bumi muncul sebagai bintik cahaya redup (di ujung panah kuning) diabadikan dari dasar kawah Gale di planet Mars oleh robot penjelajah Curiosity pada 31 Januari 2014 pukul 17:00 waktu Mars (22:00 UTC).

Saat itu Bumi berjarak 160 juta kilometer dari Mars dan nampak sebagai bintik cahaya dengan tingkat terang -2,4 dan berdiameter sudut hanya 16 detik busur dengan latar belakang bintang-bintang di rasi Pisces.

Citra (foto) diambil pasca Matahari terbenam (tinggi Matahari minus 26 derajat dari horizon barat Mars) sehingga kedudukan Bumi masih bergelimang cahaya senja Mars yang membuatnya cukup redup.

Inset (kotak kuning) adalah simulasi wajah Bumi dilihat dari kawah Gale pada saat yang sama, nampak terlihat benua Antartika dan Australia serta sebagian besar pulau Irian.

Jika Bumi saja hanya sekecil itu ditinjau dari planet Mars, bagaimana dengan manusia? Cintai Bumi kita, eksplorasi alam semesta dan janganlah sombong. Kita tidak ada apa-apanya.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.