NASA Temukan 715 Planet Ekstrasurya Baru

Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Teleskop antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa AS (NASA) telah menemukan 715 planet ekstrasurya baru, hampir dua kali lipat jumlah planet ekstrasurya yang penah dikonfirmasi sebelumnya.

Sebanyak 715 planet yang baru ditemukan telah diumumkan para ilmuwan NASA hari ini (27/2). Itu artinya, planet tetangga Bumi makin bertambah. Ini adalah temuan terbesar NASA. Sebelumnya, baru total 1.000 planet yang ditemukan.

Sebanyak 715 planet, yang ditemukan oleh teleskop luar angkasa Kepler milik AS itu, mengitari 305 bintang induknya yang berbeda.

Temuan itu kemudian diuji kebenarannya menggunakan sebuah metode baru yang diharapkan dapat membantu para ilmuwan NASA menemukan planet-planet dengan lebih sering dan lebih detil.

Informasi yang didapatkan untuk menguji kebenaran penemuan itu diambil dari data-data perjalanan Kepler pada dua tahun pertama sejak teleskop itu diluncurkan ke orbit Bumi tahun 2009 lalu.

Dengan data yang diperoleh Kepler, para ilmuwan NASA lebih bisa memfokuskan penelitian terhadap sejumlah bintang yang diduga memiliki lebih dari satu planet di orbit edar mereka.

"95% planet yang ditemukan berukuran lebih kecil dari planet Neptunus, atau yang berukuran empat kali lebih besar dari Bumi," ungkap NASA.

Dari jumlah yang sangat banyak itu, NASA menyebutkan, ada 4 planet yang berada di zona layak huni karena memiliki sejumlah karakteristik pendukung kehidupan, salah satunya air.

Keempat planet tersebut berukuran dua kali lebih besar dari Bumi. Satu di antaranya mengelilingi sebuah bintang yang setengah kali lebih kecil dari Matahari yang diorbit Bumi.

Para ilmuwan NASA mengaku sempat meragukan hasil penelitian itu. Namun, keraguan itu sirna setelah mereka memperoleh lebih banyak data.

NASA berharap di masa yang akan datang, mereka dapat kembali menemukan lebih banyak planet yang memiliki iklim mirip dengan Bumi dan memiliki potensi untuk ditinggali.

Dengan penemuan NASA itu, planet yang diketahui keberadaannya sampai saat ini berjumlah total lebih dari 1.700 planet.

Diluncurkan pada bulan Maret 2009, Kepler merupakan pesawat luar angkasa milik AS yang digunakan untuk menjalankan misi NASA dalam menemukan planet-planet lain yang memiliki kemiripan dengan Bumi baik di dalam maupun di luar zona layak huni.