Bintang Aldebaran di Dekat Bulan Malam Ini

Letak benda-benda langit malam ini (8/2). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Gemerlapnya cahaya Bulan dalam fase Bungkuk (Waxing Gibbous) bisa kita nikmati malam ini (8/2). Sekaligus ia juga akan berdekatan dengan bintang Aldebaran di langit.

Jika Anda melihat langit Timur malam ini mulai pukul 19:00 waktu setempat, Anda akan menemukan Bulan yang hanya berjarak 2,3 derajat di Timur bintang Aldebaran, bintang paling terang di rasi bintang Taurus.

Selain itu, Anda juga bisa melihat gugus bintang Pleiades seperti pada simulasi peta langit di atas. Planet Jupiter juga tidak ketinggalan dalam peristiwa langit malam ini.

Gugus bintang Pleiades akan muncul seperti 7 bintang-bintang mungil yang berdekatan (namun Anda hanya akan melihat 5 bintang). Sedangkan Jupiter akan muncul bagai bintang kuning paling terang di langit malam.

Anda akan dengan mudah menemukan Jupiter karena cahayanya yang begitu cemerlang. Tapi jika Anda tidak bisa menemukan Aldebaran dan Pleiades (yang lebih dekat kedudukannya terhadap Bulan dibanding Jupiter), gunakanlah teropong/binokuler.

Aldebaran dan Pleiades keduanya berada di rasi bintang Taurus. Karena Taurus adalah konstelasi zodiak, ekliptika --jalur dari orbit Matahari, Bulan dan Planet-- tepat melalui rasi bintang ini.

Mungkin ini peristiwa astronomi biasa, tapi yakinlah, dengan melihat peristiwa langit ini akan banyak orang tertarik mempelajari astronomi jauh lebih dalam lagi.