Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Amati Konjungsi Bulan dan Planet Saturnus Malam Ini

Amati Konjungsi Bulan dan Planet Saturnus Malam Ini
Amati Konjungsi Bulan dan Planet Saturnus Malam Ini
Letak Bulan dan Saturnus tengah malam nanti (22/2). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Tidurlah lebih awal malam ini lalu bangun kembali sekitar dua per tiga malam. Bulan dan Saturnus akan berdekatan (konjungsi). Keduanya hanya sejarak 0°18' satu sama lain.

Keduanya akan terlihat di Timur di langit tengah malam (22/2). Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan berada di magnitudo -12,1, dan Saturnus di magnitudo 1.0, dan mereka berada di konstelasi Libra.

Pada pendekatan terdekat, keduanya akan dapat diamati dalam satu bidang pandang teleskop, tetapi juga akan terlihat dengan mata telanjang atau melalui teropong kecil.

Bulan dan Saturnus bisa diamati hingga menjelang terbitnya fajar. Keduanya akan berada di langit atas kepala pada pukul 05:00 waktu setempat daerah Anda.

Tidak ketinggalan juga ada Mars dan Venus. Mars akan muncul lebih dulu daripada Bulan dan Satunrus. Mars terletak beberapa derajat di atas Bulan.

Sedangkan Venus akan muncul di langit pukul 04:00 dinihari waktu lokal daerah Anda. Venus akan nampak bagai bintang kuning keemasan paling terang di antara bintang-bintang lainnya.

Selamat mengamati!
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.