Amati Konjungsi Bulan dan Planet Saturnus Malam Ini

Letak Bulan dan Saturnus tengah malam nanti (22/2). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Tidurlah lebih awal malam ini lalu bangun kembali sekitar dua per tiga malam. Bulan dan Saturnus akan berdekatan (konjungsi). Keduanya hanya sejarak 0°18' satu sama lain.

Keduanya akan terlihat di Timur di langit tengah malam (22/2). Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan berada di magnitudo -12,1, dan Saturnus di magnitudo 1.0, dan mereka berada di konstelasi Libra.

Pada pendekatan terdekat, keduanya akan dapat diamati dalam satu bidang pandang teleskop, tetapi juga akan terlihat dengan mata telanjang atau melalui teropong kecil.

Bulan dan Saturnus bisa diamati hingga menjelang terbitnya fajar. Keduanya akan berada di langit atas kepala pada pukul 05:00 waktu setempat daerah Anda.

Tidak ketinggalan juga ada Mars dan Venus. Mars akan muncul lebih dulu daripada Bulan dan Satunrus. Mars terletak beberapa derajat di atas Bulan.

Sedangkan Venus akan muncul di langit pukul 04:00 dinihari waktu lokal daerah Anda. Venus akan nampak bagai bintang kuning keemasan paling terang di antara bintang-bintang lainnya.