Bintang Betelgeuse Siap Meledak Kapan Saja

Bintang Betelgeuse dalam cahaya ultraviolet dipotret melalui Teleskop Antariksa Hubble. Kredit: NASA
Info Astronomy - Betelgeuse terletak sekitar 430 tahun cahaya dari Bumi. Merupakan salah satu bintang paling terang di langit Bumi, ini karena Betelgeuse adalah bintang super raksasa. Hal ini secara intrinsik sangat terang.

Betelgeuse adalah salah satu bintang paling terkenal di langit malam yang siap meledak sebagai supernova kapan saja.

Energi yang sangat besar dikeluarkan Betelgeuse, menyebabkan bahan bakar bintangnya juga semakin menipis dan pada akhirnya saat ini Betelgeuse sudah dekat akhir masa hidupnya.

Ia bisa benar-benar kehabisan bahan bakarnya kapan saja, lalu runtuh di bawah gravitasinya sendiri, dan kemudian meledak dalam ledakan supernova yang spektakuler.

Ketika ledakan tersebut terjadi, Betelgeuse akan 100 kali lebih cemerlang di langit Bumi dalam beberapa bulan, mungkin bisa seterang Bulan Purnama dan terlihat di siang hari bolong!

Tapi, kapan itu akan terjadi? Mungkin tidak dalam kehidupan kita. Tapi, pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar tahu. Ini bisa saja terjadi besok atau sejuta tahun ke depan. Jadi, kapan saja bisa.

Akankah ledakan Betelgeuse menghancurkan kehidupan Bumi?
Ketika Betelgeuse meledak, planet Bumi kita terlalu jauh jaraknya dengan letak ledakan Betelgeuse, sehingga tidak akan ada dampak untuk kehidupan di Bumi.

Astrofisikawan mengatakan, jika Bumi berada dalam jarak 50 tahun cahaya dari supernova Betelgeuse, mungkin kehidupan akan musnah. Tapi faktanya, jaraknya 10 kali lebih jauh. Jadi kita aman dari ledakan Betelgeuse.

Apa yang terjadi ketika Betelgeuse menjadi supernova?
Jika Betelgeuse letaknya berdampingan dengan Matahari kita, kita akan merasakan siang hari yang 10.000 kali lebih terang benderang.

Dan juga siang hari akan lebih panas! Matahari kita suhunya 10.000 derajat F, ditambah Betelgeuse yang suhunya sekitar 6.000 derajat F. Kita juga akan melihat Betelgeuse yang berdiameter 50.000 kali lebih besar daripada Matahari di langit.

Fakta menarik
Bintang Betelgeuse ini mulai mengerut dan mengalami kehilangan materi secara teratur yang setara dengan massa Bumi setiap tahunnya.