Akhir Pekan Ini, Hujan Meteor Geminid Mencapai Puncaknya!

Malam Ini Puncak Terakhir Hujan Meteor Geminid
Hujan meteor Geminid 2013 di Amerika Serikat. Kredit: John Grofer
Info Astronomy - Hujan meteor Geminid 2043 bakal mencapai puncaknya akhir pekan ini. Tentunya langit harus cerah dan bebas polusi udara maupun cahaya untuk melihatnya, setidaknya mempermudah pengamatan.

Hujan meteor Geminid adalah hujan meteor tahunan, artinya setiap tahun terjadi yakni pada 13-14 Desember. Ini dikarenakan pada tanggal tersebut Bumi melewati debris asteroid 3200 Phaethon.

Kapan saat terbaik mengamatinya?
Intensitas hujan meteor Geminid mencapai 50 meteor per jam (ZHR), begitu banyak namun tidak akan keroyokan penampakannya. Jadi, hanya akan ada 1 sampai 3 meteor per 5 menit.

Geminid dan hujan meteor lainnya paling bagus diamati setelah tengah malam (dinihari), karena saat itu langit sudah benar-benar gelap, dan bisa terus diamati sampai Matahari terbit.

Bagaimana cara mengamatinya?
Anda tidak butuh teleskop untuk mengamati hujan meteor Geminid, cukup dengan mata telanjang saja. Pastikan langit cerah dan gunakan jaket agar selalu hangat saat pengamatan.

Carilah lokasi yang lapang dengan pandangan langit yang luas. Jangan di sekitar gedung atau di dalam perumahan yang padat. Karena tentu saja menyulitkan.

Arah langit mana lokasi terjadinya Geminid?
Ini yang paling banyak ditanyakan. Ke arah mana? Sebenarnya bukan arah langit, melainkan hujan meteor muncul di satu rasi bintang tertentu. Untuk hujan meteor Geminid, munculnya di rasi bintang Gemini.

Rasi bintang Gemini menjadi titik radian atau titik munculnya hujan meteor Geminid. Rasi bintang Gemini terbit pukul 21.00 dan akan bergerak semu ke Barat sampai pagi. Jadi, ia tidak diam saja di Timur.

Bagi Anda yang tidak mengetahui di mana letak rasi bintang Gemini, Anda tetap bisa mengamatinya cukup dengan berbaring mengamati langit. Beberapa meteor akan membuat Anda takjub.

Daerah mana saja yang bisa melihat?
Tentu saja, seluruh Indonesia bisa melihatnya. Bahkan seluruh dunia juga. Dan sekali lagi, syarat untuk mengamatinya adalah langit yang cerah. Jika berawan atau hujan, maka tidak ada kesempatan untuk melihatnya.

Pastikan juga daerah Anda jauh dari lampu-lampu kota. Daerah perkotaan akan lebih sulit mengamati fenomena seperti ini karena polusi cahaya daripada daerah pedesaan.

Catatan: Hujan meteor bukan peristiwa langit yang berbahaya. Meteor-meteor yang melintas akan terbakar sampai habis di atmosfer sehingga tidak sampai mencium permukaan Bumi.

Have fun!