Saran pencarian

Yuk Solat Gerhana untuk Gerhana Matahari Hari Ini

Yuk Solat Gerhana untuk Gerhana Matahari Hari Ini
Yuk Solat Gerhana untuk Gerhana Matahari Hari Ini
Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013. Kredit: NASA
Info Astronomy - Gerhana Matahari yang akan terjadi hari ini memang tidak teramati dari Indonesia, namun bagi kita (muslim) yang mengetahuinya disunahkan untuk solat gerhana.

Solat Gerhana atau solat kusufain adalah solat yang dilakukan saat terjadi gerhana Matahari maupun Bulan. Solat yang dilakukan saat gerhana Matahari disebut dengan solat kusuf sedangkan saat gerhana Bulan disebut dengan solat khusuf.

Hadis yang mendasari dilakukannya solat gerhana ialah:
"Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu'alaihi wasallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu'alaihi wasallam "Bahwasanya Matahari dan Bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian atau mengetahuinya, maka hendaklah kamu solat dan berdoa sehingga selesai gerhana." (HR. Bukhari & Muslim).
Niat solat ini, sebagaimana juga solat-solat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah Ta'ala semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho-Nya.

Apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu muslim lainnya, memang ada beberapa pendapat tentang niat ini gunakanlah dengan hikmah bijaksana.

Solat gerhana dilakukan dua rakaat dengan 4 kali rukuk yaitu pada rakaat pertama, setelah rukuk dan Iktidal membaca Al Fatihah lagi kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua.

Bacaan Al-Fatihah pada solat gerhana Bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana Matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap rakaat, disunnatkan membaca yang panjang.

Hukum solat gerhana adalah sunnat muakkad berdasarkan hadis Aisyah Radhiallaahu anha. Nabi dan para shahabat melakukan di masjid dengan tanpa adzan dan ikamah.

Tata cara solat gerhana adalah sebagai berikut:
  1. Memastikan terjadinya gerhana Bulan atau Matahari terlebih dahulu.
  2. Solat gerhana dilakukan saat gerhana sedang terjadi.
  3. Sebelum solat, jamaah dapat diingatkan dengan ungkapan, "Ash-shalatu jaami’ah."
  4. Niat melakukan solat gerhana Matahari (kusufisy-syams) atau gerhana bulan (khusufil-qamar), menjadi imam atau ma’mum. (أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ / لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى.)
  5. Salat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat.
  6. Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud.
  7. Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surah kembali.
  8. Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surah kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua. Misalnya rakaat pertama membaca surat Yasin (36) dan ar-Rahman (55), lalu rakaat kedua membaca al-Waqiah (56) dan al-Mulk (78)9. Setelah salat disunahkan untuk berkhutbah.
Menurut Alm. Habib Munzir bin Fuad Al Musawwa, panduan singkat mengenai solat gerhana caranya adalah ada tiga cara:
  1. Yang termudah adalah dengan dua rakaat sebagaimana solat subuh.
  2. Dua rakaat, dan setiap rakaat adalah dengan dua rukuk dan dua kali qiyam, urutannya adalah: Takbiratul ihram, lalu Qiyam, fatihah, surah, rukuk, lalu Qiyam lagi, fatihah surat, rukuk, lalu iktidal, lalu sujud, duduk sujud. lalu bangkit ke rakaat kedua dengan hal yang sama.
  3. Dua rakaat sebagaimana poin kedua diatas, namun dipanjangkan, lalu diakhiri dengan dua khutbah selepas solat.

Artikel ini merupakan artikel Astronomi dan Islam.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.