Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Wajib Lihat! Inilah Peristiwa Astronomis Sepanjang November 2014

Wajib Lihat! Inilah Peristiwa Astronomis Sepanjang November 2014
Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi November 2013
Didesain oleh Info Astronomy
Info Astronomy - Selamat datang, November! Akhirnya, kita hampir menuju akhir dari tahun 2014. Waktu terasa begitu cepat berlalu.

Info Astronomy sudah merangkum fenomena-fenomena astronomi yang akan terjadi pada November 2014 ini. Sebagian ada yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

1 November 2014: Elongasi Tertinggi Planet Merkurius
Di awal-awal November tahun ini, kita berkesempatan melihat Planet Merkurius dengan atau tanpa alat bantu alias bisa dengan mata telanjang.

Merkurius akan mencapai titik elongasi tertinggi yakni 18,7 derajat dari arah Barat Matahari kita. Dengan magnitudo -0,5, kita dapat melihat Merkurius bagai titik putih kecil di langit Timur 45 menit sebelum Sunrise.

7 November 2014: Bulan PurnamaFase Bulan Purnama, Bulan Penuh, Terang Bulan atau Full Moon pada November 2014 akan terjadi pada tanggal 7 November 2014 pukul 6:23 WIB.

Bulan Purnama baru bisa diamati setelah Sunset pada 7 November 2014. Tidak akan ada dampak negatif apapun dari peristiwa ini.

17-18 November 2014: Hujan Meteor Leonid
Leonid, sebuah hujan meteor periodik yang muncul dari rasi bintang Leo. Dapat mencapai intensitas 20 meteor per jam (ZHR).

Untuk mengamatinya, cukup tiduran di kursi santai sambil menatap langit. Hujan meteor Leonid paling bagus diamati selepas tengah malam hingga fajar tiba. Ini karena saat itu langit sudah benar-benar gelap gulita.

22 November 2014: Bulan Baru
Pada tanggal 22, Bulan akan memasuki fase Bulan Baru (New Moon). Pada fase ini, Bulan tidak akan teramati dari Bumi karena letaknya adalah Matahari - Bulan - Bumi.

Mengapa tidak terjadi gerhana jika letaknya demikian? Ini karena tidak benar-benar segaris lurus. Bulan Baru juga menandakan berakhirnya bulan Muharram dan dimulainya bulan Safar.

Bagaimana? Siap untuk mengamati fenomena-fenomena di atas? Ikuti @infoAstronomy di Twitter untuk update terkini tentang fenomena langit. Salam astronomi!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.