Bulan Sabit dan Venus Menghiasi Langit Senja Ini

Venus dan Bulan di langit senja (6/11). Kredit: Stellarium 0.12.6
Info Astronomy - Pastikan langit senja di daerah Anda hari ini cerah, karena kita akan berkesempatan melihat 2 objek cemerlang berdekatan di langit.

Ini bukan kali pertama, bukan juga fenomena yang spesial, namun tidak ada salahnya kita mengagumi keindahan keduanya. Untuk sekadar melihat atau ingin mengabadikannya lewat kamera.

Senja ini, planet Venus dan Bulan yang dalam fase Sabit tanggal 4 Muharram 1435 H akan menjadi objek paling dominan di langit Barat.

Mereka berdua akan terlihat cemerlang ketika Matahari benar-benar terbenam atau mulai pukul 18.30 waktu setempat.

Pengamatan keduanya bisa dilakukan dengan mata telanjang, jika memiliki teropong atau teleskop bisa juga digunakan untuk mengamati lebih dekat.

Jika diamati dengan teleskop, Venus akan disinari Matahari tidak lebih dari 50% jika dilihat dari Bumi. Sedangkan Bulan akan disinari oleh Matahari sebesar 10% saja.

Berbeda jika diamati dengan mata telanjang, Venus hanya akan nampak bagai bintang paling cemerlang di langit. Jadi jika senja ini Anda melihat bintang cemerlang di Barat, itulah Venus.

Kenapa Venus dapat bersinar? Ini dikarenakan ia memantulkan cahaya Matahari. Konsepnya sama seperti Bulan.

Jadi, selamat mengamati!