Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bayangan Gerhana Matahari 3 November 2013 dari Luar Angkasa

Bayangan Gerhana Matahari 3 November 2013 dari Luar Angkasa
Bayangan Gerhana Matahari 3 November 2013 dari Luar Angkasa
Bayangan gerhana Matahari total di lepas pantai selatan Nigeria. Kredit: NASA [Full image]
Info Astronomy - Gerhana terakhir di tahun 2013 ini adalah salah satu yang tidak biasa. Dikenal sebagai gerhana hybrid.

Bulan memblokir hanya sebagian dari piringan Matahari -- gerhana sebagian -- saat Matahari terbit di sepanjang pantai timur Amerika, dan kemudian pindah ke gerhana total melintasi Samudra Atlantik dan Afrika Tengah.

Lebih dari tiga jam, bayangan Bulan melintasi jalur gerhana hybrid dan membentuk bayangan gelap yang memiliki panjang sekitar 13.600 kilometer dan lebar sekitar 58 kilometer.

Gambar di atas diambil melalui Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) yang ada di satelit Suomi. Garis kuning menunjukkan lintasan gerhana total yang melintasi Afrika Tengah.

VIIRS mengambil gambar ini pada pukul di 20:25 WIB pada tanggal 3 November 2013, sekitar 38 menit setelah gerhana maksimum.

Yang gelap daerah adalah kombinasi dari umbra (penuh) dan antumbra (parsial) bayangan Bulan di permukaan Bumi. Pengamat dalam umbra mengamati gerhana total yang berlangsung selama 99 detik yang terjadi pukul 19.47 WIB.

Gerhana Matahari Hybrid terakhir terjadi pada tanggal 20 November 1854, dan yang berikutnya akan terjadi pada 17 Oktober 2172.

Indonesia bisa menyaksikan gerhana Matahari total pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.