Terlalu Banyak Bintang Untuk Dihitung

Bintang-bintang di alam semesta. Kredit: NASA
Info Astronomy - Menghitung bintang di langit malam, meskipun Anda bisa dan berhasil, itu tidak menghitung keseluruhan bintang di alam semesta. Anda hanya melihat bintang yang 'dekat' saja.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri.

Dalam astronomi, definisi Bintang adalah:
Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.
Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang.

Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

Energi yang dihasilkan oleh bintang dari fusi nuklir memancar ke ruang angkasa dalam bentuk radiasi elektromagnetik dan radiasi partikel.

Radiasi partikel yang dipancarkan bintang terwujud dalam bentuk angin bintang, yang mengalirkan proton bebas, partikel alfa bermuatan listrik, dan partikel beta dari lapisan luar bintang.

Terdapat juga aliran tetap neutrino yang berasal dari inti bintang, walaupun neutrino-neutrino ini hampir tidak bermassa.

Bintang bersinar sangat terang akibat produksi energi pada intinya, yang menggabungkan dua atau lebih inti atom dan membentuk inti atom tunggal unsur yang lebih berat serta melepaskan foton sinar gama dalam prosesnya.

Begitu energi ini mencapai lapisan luar bintang, energi ini berubah ke dalam bentuk lain energi elektromagnetik yang berfrekuensi lebih rendah, misalnya cahaya tampak.

Karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, semua bintang kecuali Matahari terlihat hanya seperti titik yang bersinar di langit malam jika dilihat dengan mata telanjang, dan berkelip akibat efek dari atmosfer Bumi.

Matahari juga adalah sebuah bintang, namun berjarak cukup dekat dengan Bumi sehingga terlihat seperti cakram di langit serta mampu menerangi Bumi.

Selain Matahari, bintang dengan ukuran tampak terbesar adalah R Doradus, yang itu pun hanya 0,057 detik busur.

Tahukah Anda? Jumlah bintang di alam semesta diperkirakan mencapai 300 sextillion bintang. Penulisan: 30.000.000.000.000.000.000.000.