Letak Venus sore ini (29-10-2013 18:30). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Ada fenomena langit apa malam ini? Mungkin pertanyaan itu sering Anda tanyakan ke forum-forum astronomi, mungkin.

Fenomena langit malam ini, mungkin adalah fenomena biasa. Tapi jika ini kali pertama Anda melakukan observasi, ini akan menjadi pengalaman pertama yang menyenangkan.

Senja ini (29/10), seluruh wilayah Indonesia bisa melihat Planet Venus yang bersinar paling cemerlang di langit. Ia akan terlihat bagai bintang saja.

Jika langit daerah Anda sangat cerah, dalam hal ini jauh dari perkotaan dan bebas dari polusi cahaya dan udara, Anda bisa melihat bentangan galaksi Bima Sakti seperti gambar di atas.

Letak Jupiter (30-10-2013 00:00). Kredit: Stellarium Software
Planet kedua yang bisa diamati dengan mata telanjang adalah Jupiter. Jupiter bisa diamati mulai pukul 00.00 waktu setempat di langit Timur. Ia juga akan terlihat seperti bintang saja.

Untuk melihat meteor, sebenarnya tidak ada hujan meteor malam ini, namun masih ada kesempatan yang baik bagi Anda jika ingin melihat meteor melintas. Pastikan langit cerah dan pandangan langit luas.

Meteor-meteor yang nantinya akan ada lihat adalah meteor sporadis, yakni meteor-meteor yang muncul setiap malam dengan langit gelap. Setidaknya, Anda bisa melihat 5 sampai 6 meteor per jamnya.

Letak Mars dan Bulan (30-10-2013 4:00). Kredit: Stellarium Software
Jika Anda ingin melihat meteor malam ini, waktu terbaiknya adalah saat tengah malam hingga Matahari terbit. Tapi sebelum Matahari terbit, Anda berkesempatan melihat Mars yang berdekatan dengan Bulan.

Planet Mars menjadi planet tata surya ketiga yang bisa kita amati di langit pada 29-30 Oktober 2013 ini. Ia akan nampak bagai bintang merah yang bersinar cukup cemerlang.

Mars dan Bulan akan muncul mulai pukul 4 dinihari waktu setempat di langit Timur. Pengamatan bisa dilakukan asalkan langit cerah.

Oleh Raisa Meylani