Saran pencarian

Hari Ini Saat Terbaik Melihat Merkurius dengan Mata Telanjang

Hari Ini Saat Terbaik Melihat Merkurius dengan Mata Telanjang
Hari Ini Saat Terbaik Melihat Merkurius dengan Mata Telanjang
Letak Merkurius (dan Saturnus) sore ini. Kredit: Skychart
Info Astronomy - Planet Merkurius akan berada di sudut elongasi tertingginya hari ini, 9 Oktober 2013. Membuat ia akan nampak menjadi "bintang senja" bersama Venus dan Saturnus di langit Barat.

Merkurius adalah planet terdalam atau planet pertama di tata surya kita, walaupun pertama tapi planet terpanas di tata surya adalah Venus. Hari ini ia akan berada 25 derajat di arah Timur Matahari.

Hari Ini Saat Terbaik Melihat Merkurius dengan Mata Telanjang
Informasi dan data Merkurius
hari ini, 9 Oktober 2013.
Kredit: Penulis
Merkurius akan terlihat dengan mata telanjang sore hingga malam ini di langit Barat. Untuk menemukannya, pastikan dulu cuaca cerah.

Fenomena ini tidak akan membuat dampak negatif apapun untuk Bumi. Dengan kata lain, ini aman untuk dinikmati.

Selain kita akan melihat Merkurius nanti sore, Saturnus dan Venus juga akan hadir menemani.

Venus akan nampak bagai bintang paling cemerlang di langit Barat. Pernah melihat bintang cemerlang di Barat akhir-akhir ini? Yakin lah, itu Venus.

Saturnus akan ada beberapa derajat di bawah Venus. Saturnus akan nampak bagai bintang bermagnitudo 1.

Ketiganya dapat dengan mudah ditemui jika langit Barat cerah sore ini, tidak terhalang gedung tinggi atau bangunan lainnya.

Jika gagal melihat mereka hari ini, Anda masih bisa mengamatinya besok pada waktu yang sama. Yang beda hanya kedudukannya saja.

Kami rekomendasikan, bagi Anda pengguna Android, Windows, iOS, Linux ataupun Java silakan unduh peta langit di sini untuk mempermudah menemukan objek-objek langit secara real-time.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.