Venus dan Saturnus Berdekatan Malam Ini

Letak Venus dan Saturnus di langit Barat seluruh Indonesia. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Dua planet tata surya kita, Venus dan Saturnus, akan berdekatan malam ini. Dalam astronomi, peristiwa ini disebut konjungsi.

Venus akan 80 kali lebih cemerlang dari Saturnus. Jika Anda melihat bintang kuning paling cemerlang di langit Barat saat senja, itulah Venus.

Jika berhasil menemukan Venus. Anda juga akan berhasil melihat Saturnus yang bersinar pada magnitudo 1 di sebelah Utara Venus.

Keduanya tidak akan muncul dalam bentuk yang sebenarnya, namun hanya akan nampak bagai bintang berwarna kuning. Hal ini dikarenakan jarak keduanya yang begitu jauh.

Anda dapat mulai mengamati Venus dan Saturnus beberapa menit setelah Matahari terbenam. Venus akan nampak lebih dulu daripada Saturnus.

Pada pukul 18.30 waktu setempat, mereka berdua akan muncul bersamaan. Pastikan langit cerah tak berawan apa lagi hujan jika ingin melihat mereka.

Anda dapat mengamatinya dengan mata telanjang. Tapi jika memiliki teleskop atau binokuler, bisa Anda gunakan untuk mengamati keindahan mereka.