Seberapa Besar Tata Surya Kita?

Matahari dan angota tata surya kita. Kredit: Mahmud
Info Astronomy - Masih ingat pelajaran tata surya di Sekolah Dasar? Kita diajarkan bahwa tata surya memiliki 9 planet; Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Ya, 9 planet itu memang benar. Namun sejak 2006, Pluto bukan planet lagi, tetapi planet kerdil atau katai. Sama seperti Haumea, Makemake, dan Eris. Sedangkan Ceres adalah planetoid.

Di bangku Sekolah Dasar, kita tidak diajarkan berapa besarnya tata surya kita, kan? Ok, ini saatnya Anda untuk tahu tentang itu.

Sebelum kita mengetahui skalanya, mari kita pertimbangkan unit pengukurannya.

Jarak antara satu objek dengan objek lain di alam semesta tidak terbatas pada meter dan kilometer, maka dari itu astronom menggunakan pengukuran yang jauh lebih besar, yakni Satuan Astronomi (SA).

1 SA sama dengan 150 juta kilometer, 1 SA digunakan untuk jarak Bumi ke Matahari. Merkurius hanya 0,39 SA dari Matahari, Jupiter 5,5 SA, sedangkan Pluto 39,2 SA (setara dengan 59 miliar kilometer).

Jika Anda mengendarai mobil pada kecepatan di jalan tol, untuk mencapai Pluto membutuhkan waktu selama 6000 tahun. Tapi inilah yang menakjubkan, tata surya kita lebih luas daripada jarak ke Pluto.

Planet kerdil terjauh dari tata surya, Eris. Sabuk kuiper yang merupakan tempat Pluto, Eris, Haumea dan Makemake membentang di jarak 30 SA dari Matahari hingga 50 SA, atau sama dengan 7,5 miliar kilometer.

Dan kita baru saja mulai.

Tapi ukuran sebenarnya dari tata surya kita didefinisikan oleh jangkauan gravitasi, seberapa jauh sebuah objek masih dapat mengorbit Matahari.

Wilayah terjauh di tata surya adalah Awan Oort. Terletak 100.000 SA dari Matahari atau sama dengan 1,87 tahun cahaya.

Gravitasi Matahari mencapai jarak 2 tahun cahaya, 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer. Jika ada objek yang mengorbit Matahari yang tidak lebih dari 2 tahun cahaya dari Matahari, itu bisa menjadi anggota tata surya.

Kembali ke analogi mobil di atas, jika Anda mengendarai mobil ke ujung tata surya maka Anda membutuhkan waktu selama 19 juta tahun.

Seperti yang kita semua sudah ketahui dari uraian ini, tata surya kita luar biasa besar. Itu baru tata surya, belum galaksi Bima Sakti dan alam semesta kita. Kita sebagai manusia tidak ada apa-apanya.