Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Robot Curiosity Temukan Bukti Baru Adanya Air di Planet Mars

Robot Curiosity Temukan Bukti Baru Adanya Air di Planet Mars
Robot Curiosity Temukan Bukti Baru Adanya Air di Planet Mars
NASA
Info Astronomy - Dalam waktu tiga bulan pertama di Mars, robot NASA Curiosity melihat keanekaragaman yang unik di permukaan Mars. Robot telah meneliti tanah dan sedimen di sepanjang rute jelajah planet merah.

Setelah setengah kilometer Curiosity menjelajah Mars di masa-masa awal usai pendaratan, kabarnya robot berpenggerak roda ini menemukan pengeringan bertahan di planet merah.

Debu dan tanah halus kabarnya pernah mengandung sejumlah kecil air. "Kami membuat penemuan ini secara benar dengan tembakan laser yang pertama di Planet Merah," kata Roger Wiens, pemimpin tim instrumen ChemCam.

Ia mengatakan, setiap kali Curiosity menembak debu, tim kemudian mengamati dan melihat hidrogen yang signifikan.

Dalam beberapa makalah yang mengungkap debut Curiosity di Mars, peneliti Los Alamos menggunakan instrumen ChemCam pada Curiosity dengan berkolaborasi dengan ilmuwan internasional, Chemin, APXS, dan instrumen SAM untuk menggambarkan sejarah vulkanik dan air di Mars.

Peneliti percaya, hidrogen yang terlihat dalam debu berasal dari air. Hipotesis ini dikuatkan dengan instrumen SAM Curiosity, yang menunjukkan semua tanah yang ditemui di Mars mengandung antara 1,5 sampa 3 persen air.

Rover Curiosity dijadwalkan untuk menjelajahi Mars satu tahun lagi. Dalam waktu beberapa bulan, Curiosity akan melakukan perjalanan ke Mount Sharp.

Mount Sharp yang merupakan gunung dengan ketinggian hampir tiga mil. Mount Sharp diyakini mengandung lapisan sedimen yang mengungkap sejarah Mars miliaran tahun lalu.

Ilmuwan memerlukan informasi mengenai Mount Sharp untuk mengungkap sejarah iklim serta geologi planet merah.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.