Misi Peluncuran NASA ke Bulan Hari Ini Sukses

Roket pembawa LADEE ke Bulan meluncur beberapa jam yang lalu. Kredit: NASA
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah sukses meluncurkan wahana Lunar Atmosphere and Dust Environment Explorer (LADEE) menuju Bulan hari ini.

Tepatnya pukul 23.27 waktu setempat 6 September 2013 atau sama dengan pukul 10.27 WIB 7 September 2013, LADEE diluncurkan dari Wallops Flight Facility, Virginia, AS.

Menurut studi yang dilakukan ilmuwan NASA sebelumnya, Bulan dinyatakan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Wahana LADEE akan meneliti atmosfer Bulan tersebut nantinya.

Wahana LADEE membawa perangkat-perangkat penting, yakni spektrometer massa untuk mengukur variasi kimia atmosfer Bulan dan perangkat lain untuk menganalisis lapisan-lapisan atmosfer Bulan lainnya.

Misi ke Bulan ini berbeda dengan misi ke Bulan pada empat dekade yang lalu. Misi ke Bulan kali ini tidak mengangkut manusia satu pun, NASA hanya mengangkut 1 wahana bernama LADEE tersebut.

LADEE tidak akan mendarat di permukaan Bulan, ia akan mengorbit Bulan dengan ketinggian 250 kilometer dari permukaan Bulan.

Diperkirakan LADEE akan mencapai Bulan pada 6 Oktober 2013, dan akan menjalani misi selama 100 hari penuh. Setelah tenggat waktu habis, LADEE akan dijatuhkan ke permukaan Bulan.