Lihat Merkurius, Mars, dan Jupiter Bersinar Sebelum Fajar

Merkurius, Mars, dan Jupiter pada 25 Juli 2013. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Belum pernah melihat 3 planet tata surya dengan mata telanjang? Mulai sebelum fajar pada 25 Juli 2013, kita akan berkesempatan melihatnya.

Planet Merkurius, Mars, dan Jupiter, adalah 3 planet anggota tata surya yang akan kita amati bersama pada pukul 05.10 waktu setempat.

Cara mengamatinya cukup mudah, tengok saja langit timur mulai pukul 5 pagi. Di langit timur, akan ada 2 bintang cemerlang berdekatan. Mars dan Jupiter.

Mars akan nampak seperti bintang merah yang cahayanya tidak berkerlap-kerlip. Begitupun dengan Jupiter, ia akan seperti bintang kuning yang cahayanya tidak berkerlap-kerlip.

Bagaimana dengan merkurius?

Beberapa derajat di bawah Mars dan Jupiter, akan nampak bintang kecil berwarna kuning. Ia adalah Merkurius. Seperti pada foto ilustrasi di atas, mereka akan nampak seperti yang ada di dalam foto.

Jangan salah pemikiran. Ketiga planet tersebut tidak akan nampak dengan ukuran asli mereka. Alam semesta ini begitu luas dan jarak ketiga planet tersebut begitu jauh dari Bumi. Wajar jika hanya bagai bintang di langit.

Pada senja hari, kita bisa melihat planet Venus di langit barat. Venus juga akan nampak bagai bintang, bintang yang paling cemerlang. Venus juga disebut bintang kejora.

Tidak ketinggalan, menjelang malam hingga lewat tengah malam, planet Saturnus juga akan nampak. Lagi-lagi, kenampakannya hanya seperti bintang yang tidak berkerlap-kerlip di langit.