Hari Ini, Jarak Terjauh Bumi dari Matahari

Jarak Bumi dari Matahari saat di Aphelion dan Perihelion. Kredit: Bee Space
Info Astronomy - Hari ini, 6 Juli 2013, Bumi mencapai titik terjauhnya dengan Matahari atau yang dikenal dengan istilah Aphelion.

Aphelion merupakan posisi dimana Bumi dalam perjalanannya mengelilingi Matahari mencapai titik terjauh. Seiring dengan Bumi mencapai aphelion, kecepatan orbit bumi lebih lambat daripada saat bumi mencapai titik terdekatnya atau yang disebut dengan perihelion.

Rata-rata aphelion bumi akan terjadi pada tanggal 4-6 juli dan diperkirakan pada tahun 2013 aphelion akan jatuh pada tanggal 5 juli 2013 pukul 18:59 UT dengan jarak bumi dan matahari sejauh 1.0167 AU atau sekitar 152.096.155 km pada tanggal 6 juli 2013 pukul 01.59 WIB.

Apa dampaknya?

Peristiwa aphelion adalah peristiwa yang terjadi disetiap tahunnya dan tidak ada dampak yang cukup signifikan bagi Bumi kita. Bagaimana dengan diameter dari cakram matahari, apakah hal tersebut akan menjadikan ia lebih kecil atau lebih besar daripada saat bumi mencapai perihelion?

Ya, cakram dari diameter matahari jika kita lihat dari Bumi dengan menggunakan teleskop yang dilengkapi filter matahari akan sedikit tampak lebih kecil dari pada cakram matahari saat bumi mencapai perihelion atau titik terdekatnya dan tidak hanya itu saja intensitas cahaya matahari setidaknya pada saat bumi mencapai aphelion berkurang 7% daripada saat bumi mencapai perihelionnya.

Bisa dilihat dengan mata telanjang?

Jika bisa, apa yang mau dilihat? Matahari? Mata manusia bisa buta jika melihat Matahari langsung beberapa menit tampa alat bantu.

Fenomena ini bukan seperti hujan meteor atau aurora yang indah. Anda tidak akan merasakan perbedaan apapun saat Bumi berada di titik terjauhnya dari Matahari ini.

Kenapa bisa menjauh dari Matahari?

Implikasi dari hukum kepler pertama adalah bahwa jarak antara planet dan matahari berubah seiring planet bergerak sepanjang orbitnya dan Matahari adalah penyeimbang dari pusat orbit planet.

Berubahnya jarak antara planet dan matahari seiring ia bergerak menelusuri orbitnya, pastilah akan memberikan sebuah konsekuensi dimana terdapat jarak terdekat dengan matahari dan jarak terjauh dengan matahari. Oleh para astronom jarak terdekat diberi nama dengan perihelion sedang jarak terjauh adalah aphelion.

Referensi: KafeAstronomi.com, NASA.gov, Science@NASA.