Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bagaimana Cara untuk ke Planet Asing?

Bagaimana Cara untuk ke Planet Asing?

Pertanyaan dari: Cedric
Sampai sekarang kan sudah banyak ditemukan planet layak huni seperti Gliese,bagaimana cara mencapai planet itu dengan cepat? Mohon jawabannya.Terima kasih.

Bagaimana Cara untuk ke Planet Asing?
Ilustrasi planet asing terdekat dengan Bumi, Aplha Centauri Bb. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pernahkah Anda bayangkan untuk menjelajahi planet lain selain Bumi? Atau bahkan planet lain selain yang ada di tata surya kita?

Planet asing atau planet ekstra surya yang terdekat dengan Bumi kita adalah Aplha Centauri Bb. Mari kita ketahui dahulu karakteristik planet tersebut.

Alpha Centauri Bb adalah sebuah planet ekstra surya yang mengorbit bintang kelas K yakni Alpha Centauri B, yang berjarak sekitar 4,37 tahun cahaya dari Bumi, atau berada di tepi tata surya, di rasi bintang selatan Centaurus.

Planet ini adalah planet terdekat dengan Bumi yang pernah ditemukan, berada sekitar 6 juta kilometer dari bintang yang serupa dengan Matahari, dengan sekali orbit 3,2 hari.

Pengumuman penemuan planet ini pada bulan Oktober 2012 mendapat perhatian luas dari media, dan penemuannya dianggap sebagai penemuan penting dalam penelitian planet ekstra surya.

Planet ini tidak berada dalam zona layak huni karena mengorbit sangat dekat dengan bintang yang mirip dengan matahari, hanya berjarak 0,04 AU, dengan sekali orbit selama 3,236 hari.

Planet ini memiliki massa sekitar 1,13 kali massa Bumi. Suhu permukaan planet ini diperkirakan mencapai 1200 °C. Sebagai perbandingan, suhu permukaan Venus, yang merupakan planet terpanas dalam tata surya, adalah 462 °C.

Akibatnya, permukaan planet ini terlalu panas untuk bisa mendukung kehidupan seperti di Bumi. Penelitian mengenai analisis asteroseismik, aktivitas kromosfer, dan rotasi terhadap bintang kelas A dan B menunjukkan bahwa sistem α Cen planet ini lebih tua dari sistem tata surya kita, yaitu sekitar 4,5 sampai 7 miliar tahun.

Nah, walaupun Aplha Centauri Bb mendapat predikat "planet ekstra surya terdekat Bumi", bukan berarti dekat dalam arti sebenarnya. Dekat di sini adalah dalam konteks astronomi.

Seperti yang dijelaskan di atas, planet Alpha Centarui Bb berjarak sekitar 4,37 tahun cahaya. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer. Maka dapat dihitung jika jarak planet Alpha Centauri Bb adalah sekitar 41.078.000.000.000 kilometer.

Kita bandingkan dengan planet Mars. Waktu yang dibutuhkan untuk ke planet Mars dari Bumi dengan teknologi saat ini adalah lebih dari 500 hari. Padahal jarak Bumi ke Mars hanya 56.000.000 kilometer.

Jika 56 juta kilometer saja membutuhkan waktu 500 hari, berapa lama waktu untuk menempuh jarak lebih dari 41 triliun kilometer (dan ini adalah yang terdekat)? Umur Anda tidak akan cukup.

---
Ingin bertanya seperti Cedric? Gunakan fasilitas Tanya Astro!

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.