Bagaimana Cara Menjadi Astronot NASA?

NASA: Apakah Anda Cocok Menjadi Astronot?
Bagaimana Cara Menjadi Astronot NASA?
Astronot berpose saat spacewalk di orbit Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) bertanya di laman khusus astronotnya, apakah Anda cocok untuk menjadi seorang astronot?

Apa yang akan Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan itu? Menyanggupinya atau menyerah tanpa berusaha?

Menjadi seorang astronot pasti lah sangat membanggakan. Anda akan berada di luar angkasa, melayang-layang di ruang hampa udara.

Pernahkah terpikir, apa Anda cocok menjadia astronot? Untuk melamar diri Anda sebagai astronot NASA, Anda harus berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Tapi mengapa ada astronot di luar AS yang ikut dalam misi Stasiun Luar Angkasa? Itu karena negara mereka tergabung dalam pembangunan Stasiun Luar Angkasa.

Kecuali jika suatu hari Indonesia punya misi ke luar angkasa dan membawa beberapa astronot dalam negeri ke luar angkasa. Anda bisa melamar diri Anda.

Menjadi astronot harus memiliki keahlian

NASA mengharapkan calon astronotnya memiliki gelar sarjana dari lembaga yang terakreditasi di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, atau matematika.

Calon astronot NASA juga berpengalaman dalam penerbangan dan sudah memiliki jam terbang selama 1000 jam.

Jika Anda memiliki ilmu dan keahlian di atas, Anda akan dengan mudah menggapai mimpi Anda sebagai seorang astronot NASA.

Sehat dan memiliki kemampuan dalam berenang
Sehat, tentu saja NASA menginginkan calon astronot yang bugar, sehat, dan pandai dalam olahraga renang. Apa hubungannya astronot dengan renang?

Dalam uji coba atau tes yang dilakukan NASA terhadap calon astronotnya, mereka mewajibkan untuk latihan di dalam air, dengan baju astronot.

Hal ini dilakukan karena tubuh manusia di dalam air sama seperti di luar angkasa. Di luar angkasa Anda akan merasakan renang tanpa air. Seru, kan?

Yang paling penting adalah sehat, dan bukan perokok. Jika Anda seorang perokok, pasti Anda gampang mengalami kelelahan, kan? Itulah yang disebut tidak sehat.

Selamat menggapai cita-cita Anda!