NASA Akan Tarik Asteroid Untuk Mendekat

Kapsul Orion milik NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy — Pihak NASA menyatakan bahwa mereka akan menarik asteroid untuk mendekati bulan.

Badan Antariksa AS NASA berencana membesut robot luar angkasa untuk menarik asteroid kecil dan mendaratkannya di dekat bulan agar bisa diteliti para astronot, demikian ungkap seorang Senator AS, seperti dilansir StraitsTimes.

Robot angkasa milik NASA itu akan menangkap asteroid berukuran 7,6 meter dan berat 450 metrik ton tersebut pada 2019 ke bulan. Kemudian akan menerbangkan kapsul angkasa Orion yang kini tengah dikembangkan beserta kru astronot untuk meneliti asteroid tersebut di bulan pada 2021.

Senator Bill Nelson mengatakan bahwa rencana tersebut akan dipercepat empat tahun dengan tujuan lain yakni mendaratkan manusia di asteroid dan membawa asteroid ke Bumi.

Nelson juga mengatakan bahwa Presiden Obama juga menganggarkan dana sebesar US$100 juta untuk misi asteroid pada 2014, yang diperkirakan akan turun pekan depan. Anggaran awal ini bakal dihabiskan untuk penelitian pencarian asteroid kecil yang bakal menjadi sasaran.