Lihat 100 Objek Langit Jauh Minggu Ini di Messier Marathon

Area M33, M73, dan M74 di saat senja. Kredit: Starry Night Software
Info Astronomy — Setiap musim semi, astronom amatir di seluruh dunia mengambil tantangan untuk mengamati 110 objek dalam katalog bertingkat Charles Messier berupa objek jauh di langit dalam satu malam.

Akhir pekan mendatang, menawarkan kesempatan untuk melihat sebagian besar (tetapi tidak semua) dari Messiers, dengan suhu yang cukup hangat otomatis membuat kondisi menjadi lebih nyaman.

Apa objek Messier, dan mengapa ada orang yang ingin mengamatinya?

Charles Messier adalah seorang astronom Perancis abad ke-18 yang kepentingan utamanya adalah dalam menemukan komet. Dia menyapu di langit saat fajar dan senja setiap malam mencari ini pengembara yang sedingin es.

Messier sering bingung dengan benda yang tampak seperti komet tetapi adalah penghuni tetap di langit. Dia menyusun katalog benda-benda ini, tidak tahu apa mereka yang sebenarnya. Saat kita mengenali katalog sebagai daftar pertama benda langit jauh: gugus bintang, nebula dan galaksi.

Katalog Messier ternyata adalah koleksi indah yang terang dan terbaik dalam benda-benda jauh.

Kembali di tahun 1940-an, astronom amatir Kanada Isabel Williamson mencari cara untuk mendorong para astronom untuk keluar dan menggunakan teleskop mereka. Dia mendapat ide dari sebuah klub yang anggotanya akan bersaing untuk melihat siapa yang akan menjadi yang pertama untuk mengamati semua benda dalam katalog Messier, dan klub Messier pertama dibentuk.

Benda-benda dalam katalog Messier tersebar di seluruh langit terlihat di belahan bumi utara, sehingga membantu pemula menjadi akrab dengan rasi bintang. Beberapa benda yang cukup samar menjadi tantangan serius bagi teleskop amatir yang kecil di pertengahan abad ke-20, sebagian besar merupakan refraktor 3 inci dan reflektor 6 inci.

Dengan teleskop kecil dan atlas bintang yang buruk saat itu, ia sering melakukan pengamatan selama bertahun-tahun untuk mengamati semua benda. Untuk mereka yang berjuang dengan berburu Messier setiap hari, tampaknya hampir tidak bisa dipercaya bahwa siapa pun bisa berhasil untuk melihat mereka semua dalam satu malam, namun itulah yang banyak amatir coba untuk dilakukan setiap bulan Maret. Ide melakukan aktivitas "Messier Marathon" berasal pada tahun 1979 oleh pemburu komet lain, California Don Machholz.