Tahun 2013, Komet Terang Dapat Dilihat Siang-Malam

Info Astronomy — Salah satu komet yang paling banyak ditunggu kehadirannya pada 2013 ini adalah Komet ISON. Para astronom mengatakan kehadiran Komet ISON akan menjadi pemandangan spektakuler di langit malam karena cahayanya akan lebih terang, bahkan bila dibandingkan dengan Bulan Purnama.

"Jutaan orang akan melihat komet ini karena penampakannya akan menjadi komet paling cemerlang dalam beberapa generasi terakhir," kata astronom David Whitehouse kepada koran Inggris, The Independent.

Whitehouse mengatakan saat ini Komet ISON belum bisa dilihat dengan mata telanjang. Dengan teleskop canggih Komet Ison terlihat kecil dan kabur, bergerak pelan di antara bintang-bintang.

Terlihat beberapa bulan

Namun dalam beberapa bulan ke depan, komet ini makin dekat ke bumi dan bisa dilihat tanpa bantuan alat.

"Pada akhir November Komet ISON akan bisa dilihat dengan jelas di posisi terbenamnya matahari. Ekornya memanjang dengan cahaya terang, seperti cahaya lampu senter di atas crakawala," jelas Whitehouse.

Ia menambahkan Komet ISON akan bisa dilihat dengan mata telanjang selama beberapa bulan. Komet ISON memerlukan waktu jutaan tahun cahaya untuk mendekati bumi.

Komet ini berasal dari wilayah yang disebut awan Oort, yang dikenal memiliki triliunan batu dan es, sisa dari proses pembentukan planet.

"Pada 2014, komet ini meninggalkan bumi dan mungkin kita tidak akan lagi menyaksikan penampakannya," kata Whitehouse.

Komet ISON bisa dilihat mulai Oktober 2013 hingga minggu pertama Januari 2014 dengan mata telanjang. Pada bulan Oktober, komet akan mendekati Mars. Es pada komet akan mulai retak karena suhu panas. Pada tahap ini, ekor komet akan terbentuk.

Segera setelahnya, komet akan memasuki orbit Bumi. Saat ini, komet akan tampak terang seiring es di bawah permukaannya berubah menjadi gas yang kemudian merefleksikan cahaya Matahari. Pada 28 November 2013, komet akan mencapai jarak 1,2 juta km dari Matahari.

Saat mencapai titik terdekat dari Matahari, komet akan bersinar sangat terang, mencapai magnitudo -10. Namun, pengamatan pada saat itu berbahaya dan membutuhkan peralatan khusus. Di Indonesia sendiri, waktu komet mencapai titik terdekat dengan Matahari jatuh pada siang hari.

Bagi warga Indonesia yang ingin menyaksikan, waktu terbaik menyaksikan komet ISON adalah pagi hari tanggal 28 November 2013, sebelum komet ini mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari siang harinya.

Komet ISON ditemukan lewat pengamatan di Observatorium Kislovodsk, Rusia, dengan menggunakan teleskop International Scientific Optical Network (ISON) 40 cm. Nama teleskop itulah yang kemudian diambil sebagai nama komet yang ditemukan.

Komet lain yang juga akan tampak terang di langit adalah komet 2014 L4 (PanSTARRS). Komet ini akan tampak terang di langit malam sepanjang bulan Maret dan April 2013. Komet ini dinamai sesuai nama teleskopnya, Panoramic Survey Telescope And Rapid Response System.

Komet PanSTARRS juga akan bergerak mendekati Matahari. Menurut Space.com, 30 Maret 2012, perihelion atau titik terdekat komet dengan matahari akan dicapai pada 9 Maret 2013. Jarak komet dan Matahari saat itu 45 juta km. [DBS]