Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Spesial Tahun Baru: Nebula Helix, Kembang Api Kosmik

Spesial Tahun Baru: Nebula Helix, Kembang Api Kosmik


Info Astronomy — Foto yang sangat indah dihasilkan oleh Teleskop Subaru Jepang. Foto yang dikeluarkan Juni 2009 lalu itu menunjukkan apa yang akan terjadi jika bintang mati.

Foto itu menunjukkan komet raksasa berhamburan dan menampilkan kembang api kosmik.

Masing-masing komet memiliki ikatan sekitar lima kali orbit Pluto, di sistem tata surya kita.

Ikatan itu berjarak 710 tahun cahaya, dekat dengan Nebula Helix, yang juga disebut sebagai NGC 7293.

Helix Nebula dikenal sebagai planetary nebula. Disebut seperti itu bukan karena ada hubungannya dengan planet, tapi karena saat obyek itu ditemukan tampak seperti planet jika dilihat dengan teleskop zaman dulu.

Astronom menyebut planetary nebula sebagai masa akhir dari kehidupan bintang, yang serupa dengan matahari kita. Nebula ini memiliki berbagai macam bentuk dan warna.

Beda dengan kembang api sebenarnya, Helix Nebula tidak memiliki ledakan. Tapi bintang itu melemparkan materinya sehingga menimbulkan 'kembang api'. [ito]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.