Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Satelit Flare, Titik Cahaya yang Bergerak di Langit Malam

Satelit Flare, Titik Cahaya yang Bergerak di Langit Malam


Info Astronomy — Apabila Anda melihat hujan meteor, pasti terlihat garis-garis putih di langit. Namun, saat melihat hujan meteor, pasti tanpa di sengaja kalian melihat sebuah titik cahaya yang bergerak yang melintasi langit malam dengan cepat.

Orang-orang banyak mengira bahwa itu adalah UFO (Undentified Flying Object). Namun, itu bukanlah UFO. Yang melintas disebut sebagai Satellite Flare. Cahaya panjang terjadi karena antena yang reflektif pada satelit memantulkan cahaya matahari ke permukaan Bumi, sehingga terlihat seperti objek terang yang melintas dengan cepat. Jadi, cahaya ini adalah sebuah satelit bukanlah sebuah UFO. [Lihat Animasinya]

Fenomena ini kebanyakan disebabkan oleh Satelit Iridium. Satelit ini memiliki 3 buah antena seukuran sebuah pintu rumah. Masing-masing terpisah 120 derajat dengan sudut 40 derajat. Tingkat magnitudonya bisa mencapai -9,5. Sangat terang, bukan?

Saking terangnya sampai-sampai fenomena ini dianggap merugikan oleh para antusias astronomi, karena benda ini terkadang dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan optik mereka, seperti teleskop. [sumber]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.