Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Robot Curiosity Temukan Kehidupan di Planet Mars

Robot Curiosity Temukan Kehidupan di Planet Mars


Info Astronomy — Selama ini, mulai dari orang awam sampai ahli masih menduga-duga bahwa di planet merah Mars memang ada kehidupan di sana. Hal tersebut nampaknya sesuai dengan analisa dari Curiosity.

Seperti yang dilansir Examiner (03/12), dari hasil analisa yang dilakukan robot penjelajah Mars, Curiosity, kemungkinan di planet merah tersebut ditempati oleh 'sesuatu.' Hal tersebut berdasarkan hasil temuannya di bulan Desember 2012 lalu.

"Curiosity adalah robot penjelajah yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan laboratorium khusus. Dengan perlengkapan tersebut, maka Curiosity juga mampu menganalisa secara langsung komponen organik atau apapun yang dia temukan di Mars," jelas Scott C. Waring dari UFO Sightings Daily yang memiliki afiliasi dengan United States Air Force at SAC base (USAF flightline).

Perkiraan akan adanya kehidupan di planet Mars tersebut berdasarkan dari ditemukannya komponen organik beberapa bulan lalu. Walaupun memiliki keyakinan yang lumayan kuat, namun Waring dan para peneliti lainnya, tidak ingin terburu-buru mengatakan bahwa di planet tersebut memang ada apa yang dinamakan masyarakat Martian atau penghuni asli planet Mars.

Dari laporan yang dikirimkan Curiosity ke pusat pemantaunya di bumi, Director Jet Propulsion Laboratory, Charles Elachi, menjelaskan bahwa kemungkinan Curiosity telah menemukan molekul organik di planet itu.

Bahkan berdasarkan perangkat sample-analysis-nya, Curiosity mampu mendeteksi keberadaan methane yang berisi senyawa karbon yang dipercaya merupakan dasar dari pembentuk awal kehidupan.

Denver Post (28/11/2012) menuliskan bahwa walaupun Curiosity berhasil menemukan methane, namun belum dapat dipastikan apakah komponen organik tersebut berasal dari biological organisme atau lainnya. Struktur dari komponen tersebut juga sama seperti yang ada di meteorit.

Hal tersebut diperkuat dengan temuan yang memperlihatkan ada kemungkinan bahwa dulunya di planet Mars juga dialiri sungai. Apabila ada air di suatu tempat, maka besar kemungkinan bahwa juga ada kehidupan. Air adalah salah satu komponen pembentuk kehidupan. Tapi makhluk hidup tidak selalu butuh air, inilah yang diabaikan peneliti.

Untuk memutuskan hasil analisa dari Curiosity tersebut, Waring mengatakan bahwa semuanya harus menunggu para peneliti untuk kembali menganalisa dan meneliti laporan itu. [mdk]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.