Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Pusat Galaksi Kita Mengeluarkan Radiasi Luar Biasa

Pusat Galaksi Kita Mengeluarkan Radiasi Luar Biasa


Info Astronomy — Dengan menggunakan CSIRO’s 210-feet Parkes radio teleskop di Australia timur, para astronom telah menemukan arus bermuatan partikel mengerikan yang berasal dari pusat galaksi kita. Para peneliti mengatakan bahwa arus bermuatan itu mengandung energi yang luar biasa tinggi, mencapai sekitar satu juta kali energi dari sebuah bintang yang meledak.

Meskipun arus yang menembak keluar memiliki kecepatan lebih dari 600 mil per detik, mereka tidak menimbulkan bahaya bagi Bumi atau tata surya. "Mereka tidak datang ke arah kita, tapi pergi naik dan turun dari pusat galaksi," kata CSIRO Dr Ettore Carretti. "Kita berada sekitar 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Aliran energi itu keluar sepanjang 50.000 tahun cahaya dari atas ke bawah dari pusat galaksi, sama dengan setengah diameter Bima Sakti."

Para astronom mengatakan arus stretch sekitar dua pertiga di langit dari horizon ke horizon, dan sesuai dengan "kabut" emisi microwave yang sebelumnya terlihat oleh teleskop antariksa WMAP dan Planck.

Teleskop tersebut tidak memberikan bukti yang cukup untuk menunjukkan definitif sumber radiasi yang mereka deteksi, tetapi Parkes Observations baru melakukannya.

"Mungkin peristiwa tersebut terjadi dari ledakan quasar seperti dari lubang hitam di pusat galaksi atau angin panas dari bintang-bintang muda atau bisa juga dari bintang meledak. kata anggota tim Dr. Gianni Bernar dari Harvard - Smithsonian Center for Astrophysics. "Pengamatan kami memberitahu kita itu bintang yang sangat kuat."

Aliran energi yang keluar tampaknya telah didorong oleh banyak generasi bintang yang membentuk dan meledak di pusat galaksi selama seratus juta tahun terakhir. Untuk menentukan ini, astronom harus mengukur medan magnet arus.

"Kami melakukan ini dengan mengukur properti kunci dari gelombang radio dari polarisasi arus keluar mereka," kata anggota tim Dr Roland Crocker dari Max -Planck - Institut fuer Kernphysik di Heidelberg, Jerman, dan Universitas Nasional Australia.

Pengamatan terbaru dari arus keluar membantu untuk menjawab salah satu pertanyaan terbesar tentang astronomi galaksi kita: bagaimana ia mampu menghasilkan dan mempertahankan medan magnet.

"Aliran dari pusat galaksi ini membawa tidak hanya elektron gas dan energi tinggi, tetapi juga medan magnet yang kuat," kata anggota tim Dr. Marijke Haverkorn dari Radboud University di Belanda. "Kami menduga ini memainkan peran besar dalam menghasilkan medan magnet keseluruhan galaksi." [Red Orbit]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.