Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Perjalanan ke Bintang Hanya Mimpi

Perjalanan ke Bintang Hanya Mimpi


Info Astronomy — Mimpi manusia yang ingin menggapai bintang memang hanya sebatas mimpi. Pasalnya, jarak bintang yang amat sangat jauh tidak mungkin bisa dicapai manusia meskipun seumur hidup. Artinya, umur manusia kalah dengan luasnya alam semesta.

Apa buktinya? Mari kita mengenali bintang terdekat dengan tata surya, Alpha Centauri. Jarak Bumi dengan Alpha Centauri sekitar 4,2 tahun cahaya. Apa itu tahun cahaya? Tahun cahaya adalah kecepatan cahaya dalam tahun. Misalnya ya tadi, jarak Bumi dengan Alpha Centauri adalah 4,2 tahun cahaya, berarti cahaya saja membutuhkan waktu 4,2 tahun untuk 'menyebrang' dari Bumi ke Alpha Centauri.

Sayangnya, saat ini tidak ada teknologi kendaraan berkecepatan cahaya. Kecepatan cahaya adalah yang tercepat di alam semesta! (300.000 km/detik). Jika kecepatan kita mendekati kecepatan cahaya, waktu akan bergerak lamban, dan partikel penyusun tubuh kita akan terurai.

Kembali lagi ke Alpha Centauri. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 miliar kilometer, 4,2 tahun cahaya adalah 4 kalinya jarak 1 tahun cahaya. Artinya, jika Anda ingin ke Alpha Centauri, Anda harus melintasi jarak sekitar 33 triliun kilometer!

Kita lihat perjalanan robot penjelajah Curiosity dari Bumi ke Mars, ia membutuhkan waktu sekitar 253 hari. Kenapa begitu lama? Jarak Bumi dan Mars sekitar 55 juta km, kecepatan roket 20 ribu km per jam maka lamanya waktu tempuh bisa hanya 115 hari. Tapi kenapa bisa sampai 1 tahun? Hal ini disebabkan karena Bumi dan Mars mengorbit Matahari. Tidak bisa menempuh garis lurus untuk menuju ke sana sebab keduanya selalu bergerak dan berpindah posisi. Sehingga wahana atau roket tersebut perlu mengikuti ke mana posisi planet tujuannya.

Begitu pun dengan perjalan dari Bumi ke Alpha Centauri, yang jaraknya 33 triliun kilometer, berapa lama waktu Anda di perjalanan? Cukupkah umur Anda? Mungkin, beberapa abad kedepan, manusia baru bisa membuat kendaraan berkecepatan cahaya, dan artinya Anda yang sedang membaca artikel ini hanya bisa bermimpi mencapai bintang. [riza]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.