Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengapa Saturnus Memiliki Cincin yang Besar?

Mengapa Saturnus Memiliki Cincin yang Besar?


Info Astronomy — Cincin Saturnus adalah salah satu pemandangan yang menakjubkan di tata surya kita. Di atas planet yang kuning kecoklatan pucat, cincin-cincin itu berkilau di bawah cahaya yang menyorot dari matahari yang jauh.

Seperti Jupiter, Saturnus adalah dunia gas raksasa yang diselimuti atmosfir hidrogen dan awanes ammonia dan air yang menurut para ilmuwan melayang diatas samudra hidrogen cair metalik yang meliputi seluruh planet.

Cincin tersebut terutama terbuat dari air es. Tapi es itu tak membeku dalam bentuk pita padat namun setiap cincin terbuat dari ratusan ribu kepingan yang ukurannya berkisar lebih kecil dibandingkan dengan pecahan dalam es jus jerukmu sampai sebesar bola salju dan bongkahan batu dan gunung es kecil. Bentuknya ada yang sekecil debu bahkan ada yang sebesar rumah.

Dari jauh potongan-potongan es itu yang berputar disekeliling Saturnus kelihatan seperti membentuk beberapa cincin lebar. Kalo kita lihat cincin itu seperti gurat-gurat pada compact disk (CD) yang tipis walaupun sebenarnya terdapat celah lebar antar cincin

Lalu bagaimana cincin dapat terbentuk? Salah satu spekulasi dari para ilmuwan adalah adanya partikel-partikel di cincin yang merupakan sisa-sisa dari satelit alaminya yang meledak ketika tertabrak komet atau asteroid. Ide yang lain adalah sebuah komet datang terlalu dekat dengan Saturnus dan dikoyakkan oleh gravitasi planet ini.

Beberapa ilmuwan juga memperkirakan bahwa saat satelit-satelit alami kecil di dekat sana tertabrak meteorit lebih banyak partikel ditambahkan ke cincin.

Terlepas dari berbagai macam prediksi manusia, ini membuktikan salah satu keagungan sebuah penciptaan-Nya yang sangat besar. [iko]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.