Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Kehidupan Lain Mungkin Eksis di Eksobulan

Kehidupan Lain Mungkin Eksis di Eksobulan


Info Astronomy — Dalam pencarian untuk dunia alien mirip Bumi, astronom telah memiliki set pada planet di luar tata surya kita, tetapi beberapa bulan (satelit alami) yang mengorbit beberapa eksoplanet mungkin hanya untuk mendukung kehidupan, para ilmuwan mengatakan.

Para astronom telah menemukan lebih dari 800 eksoplanet, dengan planet kandidat lebih banyak menunggu konfirmasi lebih lanjut. Kebanyakan dari mereka, bagaimanapun, adalah gas raksasa, serupa dengan Jupiter, dan hanya segelintir memiliki permukaan padat dan mengorbit bintang induknya pada zona layak huni, rentang di mana air dalam bentuk cair, dan mungkin kehidupan seperti yang kita tahu, bisa eksis.

Tapi tim astronom mengatakan kehidupan bisa dihuni di eksobulan/exomoon (satelit alami yang mengitari planet di luar tata surya).

"Ada zona layak huni untuk eksobulan, itu hanya sedikit berbeda dari zona layak huni untuk eksoplanet," kata Rory Barnes dari University of Washington dan NASA Astrobiology Institute dalam sebuah pernyataan.

Barnes dan René Heller dari Jerman Leibniz Institute for Astrophysics Potsdam menjelaskan bahwa pertimbangan tentang iklim dan cahaya akan sangat berbeda untuk eksobulan dibandingkan dengan eksoplanet.

Seperti satelit alami Bumi, Bulan, eksobulan banyak terkunci di planet yang ia edari, yang berarti satu belahan bumi secara permanen berpaling dari planet, yang akan membatasi daerah dihuni pada permukaan bulan. Bulan juga memiliki dua sumber cahaya - salah satu dari bintang mereka dan yang lainnya dari planet yang mereka edari - dan tunduk pada gerhana dramatis.

"Seorang pengamat berdiri di permukaan seperti eksobulan yang akan mengalami siang dan malam dengan cara yang sama sekali berbeda daripada yang kita lakukan di Bumi." jelas Heller. "Misalnya, gerhana bintang dapat menyebabkan kegelapan total tiba-tiba pada siang hari."

Para astronom, yang penelitiannya rinci dalam edisi Januari jurnal Astrobiology dari, mengatakan efek pemanasan pasang surut harus dipertimbangkan ketika menentukan habitability sebuah exomoon ini. Bulan yang mengorbit planet mereka terlalu dekat akan mengalami pemanasan pasang surut yang kuat dan efek rumah kaca yang akan mendidih setiap air permukaan.

Meskipun tidak ada ekobulan berpenghuni telah ditemukan, Barnes dan Heller mengatakan tidak ada alasan untuk menganggap mereka tidak ada.

Beberapa peneliti telah mulai berpikir tentang bagaimana mereka dapat menggunakan instrumen seperti Space Telescope Kepler untuk mendeteksi bulan alien. Teleskop Kepler seperti pencarian untuk planet karena mereka transit, atau silang di depan, bintang mereka, yang menyebabkan dips tanda dalam kecerahan bintang. Variasi dalam pola kecerahan mungkin mengungkapkan adanya bulan mengorbit planet. [space]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.