Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Ingin Jadi Astronot? Ikut Latihan Ini

Ingin Jadi Astronot? Ikut Latihan Ini


Info Astronomy — Sebelum para astronot menjalankan misi luar angkasa, mereka harus menempuh berbagai macam pelatihan. Salah satu dari latihan tersebut, ialah latihan fisik yang melibatkan astronot untuk berada di dalam air.

Dilansir Howitworksdaily, Rabu (9/1/2013), salah satu dari beberapa projek NASA bernama NEEMO. NEEMO merupakan kepanjangan dari NASA Extreme Environment Mission Operations yang mempersiapkan kru astronot dalam kondisi luar angkasa.

Projek ini juga menempatkan kru melalui misi pengujian "analog". Dalam kata lain, projek ini melibatkan misi terestrial simulatif, bagi mereka yang akan meluncur ke luar angkasa. Salah satu pengujian bagi astronot, mereka harus berlatih di bawah air. Selain itu, sebuah misi analog juga membutuhkan astronot untuk duduk dalam sebuah ruang khusus berukuran raksasa (centrifuge).

Astronot akan berputar dalam sebuah ruang khusus dan dilakukan uji fisik serta berbagai tekanan lainnya. Dalam NEEMO, fokus juga akan melibatkan astronot pada kegiatan bawah air untuk mensimulasikan kondisi gravitasi yang kecil.

NASA menggunakan Aquarius Reef Base untuk misi NEEMO tersebut, yang dimiliki NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) Amerika Serikat. Astronot akan ditempatkan dalam habibat bawah air, yang terletak 19 meter (62 kaki) di bawah permukaan air.

Astronot akan berada di bawah air untuk beberapa pekan, dengan simulasi latihan seperti bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka juga akan menggunakan peralatan dan bekerja dalam lingkungan simulasi asteroid luar angkasa. [okezone]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.