Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Hujan Meteor Quadrantid Begitu 'Wow' Menurut Pengamat Langit

Hujan Meteor Quadrantid Begitu 'Wow' Menurut Pengamat Langit


Info Astronomy — Cuaca dingin dan terang bulan tidak menghentikan para pengamat langit di seluruh negeri untuk mengabadikan hal menakjubkan dari hujan meteor tahunan Quadrantid minggu ini.

Astrofotografer Victor Rogus, misalnya, bentak gambar dramatis dari Jadwin, Mo, beberapa jam sebelum fajar kemarin (3 Januari) selama puncak Quadrantid. Meteor melesat terlihat di Ursa Minor, konstelasi di langit utara.

"Memerangi dingin dan bulan bungkuk bukanlah tugas yang mudah, tapi aku berhasil menangkap jejak meteor dalam paparan 12 detik dengan kamera astrofotografi Cannon 60Da," kata Rogus melalui email. "Aku keluar sepanjang malam. Aku membuat hampir 500 eksposur ke timur laut, tapi melihat hanya dua yang cerah, dan redup beberapa di bawah sebagian besar, dan langit transparan," tambah Rogus. "Senang berada di luar dan kedinginan!" [Foto: Hujan Meteor Quadrantid tahun 2013]

Meteor pengamat veteran John Chumack of Dayton, Ohio, menyiapkan jaringan kamera untuk merekam puncak hujan meteor Quadrantid itu. Hasilnya adalah sebuah video hujan meteor Quadrantid saat mereka melesat di atas kepala, serta ke arah utara, barat dan timur. "Tadi malam meteor Quadrantid mulai membentur atmosfer bumi." Kata Chumack di email. "Aku menangkap 52 meteor Quadrantid... tapi itu belum berakhir. Menontonnya seperti kadang-kadang Anda dapat melihat beberapa meteor selama beberapa hari setelah puncak hujan meteor juga!"

Pengamat langit Scott Tully juga menerjang dingin pagi ini untuk datang dengan tujuan mengabadikan pertunjukan hujan meteor Quadrantid yang bagus. "Aku keluar memotret meteor pagi ini di bukit Northwest of Connecticut," tulis Tully. "Hujan meteor yang indah berhadapan di langit dengan cahaya bulan, tetapi dengan beberapa awan dan cahaya bulan terang saya hanya mampu menerangi garis-garis terang beberapa sampai sekitar pukul 5:00 pagi. Ini adalah antara jam 5 dan 6 ketika angka mulai terang, dan aku memotret foto hanya sebelum 6:00 am EST."

Di pinggiran Tucson, Arizona, Sean Parker bekerja keras pagi ini untuk mendapatkan foto spektakuler Quadrantid melesat melalui langit di atas yang banyak dipenuhi pesawat pensiun. "Halaman belakang digunakan oleh dasar [Davis-Monthan] Angkatan Udara yang memerlukan izin, dan dikelilingi oleh pagar kawat berduri setinggi 10 kaki," tulis Parker di blognya. "Tapi untungnya aku punya Jeep dan tripod tinggi, jadi aku melaju di sekitar tempat dan mencari tempat aku bisa menarik Jeep saya dekat dengan pagar dan mengambil gambar dari atas. Dan aku menemukan satu.." Hujan meteor Quadrantid adalah tampilan terang yang terlihat terutama di belahan bumi utara sekitar awal tahun baru. Meteor tampaknya berasal di mana konstelasi Hercules, Boötes, dan Draco bertemu di langit. Hujan meteor Quadrantid terjadi ketika Bumi bajak melalui aliran puing-puing asteroid 2003EH1, yang sebenarnya bisa sepotong komet lama mati. Meskipun hujan meteor Quadrantid memuncak sepanjang malam tadi malam, fenomena ini masih berlangsung hingga 10 Januari. NASA menyediakan layar siaran langsung sampai Jumat (4 Januari), yang Anda dapat tonton juga melalui SPACE.com. [space. editor: riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.