Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Foto Menakjubkan Ledakan Bintang Raksasa Cas A

Foto Menakjubkan Ledakan Bintang Raksasa Cas A


Info Astronomy — Sebuah gambar baru yang indah dipotret oleh pesawat ruang angkasa NASA yang menangkap setelah ledakan bintang raksasa dengan resolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gambar - diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA NuSTAR dalam sinar-X - menunjukkan Cassiopeia-A, sisa-sisa supernova yang terletak sekitar 11.000 tahun cahaya dari Bumi.

Cahaya dari ledakan itu pertama mencapai bumi sekitar 300 tahun yang lalu, kata para peneliti. Cincin biru terdiri dari energi tinggi sinar-X. Cincin terbentuk ketika gelombang kejut dari kematian bintang itu menabrak partikel di dekatnya, mempercepat mereka untuk hampir kecepatan cahaya.

Gambar baru ini memberikan pandangan sangat rinci kematian bintang. Dengan teknologi sebelumnya, seperti yang disediakan oleh Chandra X-Ray Observatory milik NASA, ledakan supernova seluruhnya akan muncul sebagai satu titik, kata peneliti utama NuSTAR Fiona Harrison, seorang astrofisikawan di Institut Teknologi California di Pasadena.

Pesawat ruang angkasa NuSTAR diluncurkan pada bulan Juni 2012 dalam misi dua tahun untuk menyelidiki energi tinggi daerah alam semesta, seperti lubang hitam dan sisa-sisa supernova. Pesawat ruang angkasa harus membantu peneliti lebih memahami bagaimana galaksi terbentuk dan bagaimana lubang hitam tumbuh, kata Harrison. [space]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.