Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Erupsi Matahari Dapat Menelan Setidaknya 20 Planet Bumi

Erupsi Matahari Dapat Menelan Setidaknya 20 Planet Bumi


Info Astronomy — Erupsi Matahari bisa menelan 20 Bumi sekaligus. Demikian publikasi terbaru Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA).

Erupsi Matahari terakhir terjadi pada malam tahun baru 2013, Senin (31/12/2012) lalu. Erupsi tersebut berhasil diabadikan oleh kamera Solar Dynamics Observatory, wahana yang terus memantau aktivitas bintang induk di Tata Surya itu.

"Jangkauan erupsi bisa mencapai 160.000 mil (257.495 km) keluar dari Matahari. Dengan diameter Bumi 7900 mil (12.714km), erupsi minor tesebut (malam tahun baru lalu) mencapai sekitar 20 kali diameter planet kita," demikian diungkapkan NASA dalam rilisnya, Jumat (4/1/2013).

Apakah Bumi benar akan terlumat oleh erupsi Matahari itu? Jarak Bumi-Matahari sekitar 150 juta km. Jadi, erupsi takkan serta merta melumat Bumi.

Alasan lain, gravitasi Matahari juga berperan dalam mengendalikan dampak erupsi. "Gaya magnet berperan dalam aliran plasma, tapi tapa gaya yang cukup untuk melawan gravitasi Matahari, kebanyakan plasma akan kembali ke Matahari," tambah NASA seperti dikutip Space, Senin (7/1/2013).

Erupsi Matahari Senin minggu lalu disebut sebagai tarian balet Matahari. Matahari kini memang tengah aktif. Puncak aktivitasnya diperkirakan pada pertengahan 2013. Meski demikian, aktivitas tahun ini diperkirakan menjadi yang terendah dibandingkan dengan puncak aktivitas sebelumnya. Jadi, badai matahari tidak membahayakan Bumi sedikitpun. [space]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.