Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Einstein Benar Lagi! Studi Baru Mendukung 'Konstanta Kosmologi'

Einstein Benar Lagi! Studi Baru Mendukung 'Konstanta Kosmologi'


Info Astronomy — Sebuah studi baru dari salah satu konstanta fundamental alam semesta membuat keraguan pada teori populer tentang energi gelap, kata para ilmuwan.

Energi gelap adalah nama yang diberikan untuk apapun yang menyebabkan mempercepatnya perluasan alam semesta. Salah satu teori memprediksi bahwa suatu entitas berubah meresapi ruang yang disebut konstanta kosmologi, awalnya diusulkan oleh Albert Einstein, berada di belakang energi gelap. Tapi alternatif yang populer, disebut rolling scalar fields, menunjukkan bahwa apa pun yang menyebabkan energi gelap tidak konstan, namun telah berubah melalui waktu.

Jika itu benar, meskipun seharusnya menyebabkan nilai dari konstanta fundamental alam lainnya untuk berubah juga. Dan pengukuran baru satu konstan tersebut, rasio antara massa proton dan massa elektron, menunjukkan bahwa konstanta ini tetap sangat stabil dari waktu ke waktu.

Proton dan elektron adalah dua partikel dasar yang membentuk atom dalam bintang, galaksi dan orang-orang. Baru-baru ini, sebuah tim astronom menggunakan teleskop radio Germany Effelsberg untuk mengamati molekul alkohol di galaksi yang jauh, dan menemukan bahwa proton dan elektron dalam molekul-molekul atom berat hampir sama dengan yang di sini, di Bumi.

Karena galaksi yang mereka pelajari terletak 7 miliar tahun cahaya, cahaya telah diambil selama itu (7 milyar tahun) untuk melakukan perjalanan ke Bumi, dan dengan demikian kita melihatnya seperti setengah seumur hidup alam semesta. (Alam semesta ini diperkirakan sekitar 13,7 miliar tahun.) Pengamatan sangat menyarankan bahwa konstanta mendasar tetap sebagian besar tidak berubah selama 7 miliar tahun.

Membangun bahwa temuan, yang rinci dalam edisi 14 Desember dari jurnal Science, University of Arizona astronom Rodger Thompson menghitung berapa rasio massa proton ke elektron akan berubah dari waktu ke waktu jika teori rolling scalar fields itu benar. Ia menemukan bahwa prediksi tidak cocok dengan data.

Hasil yang mendukung gagasan konstanta kosmologi Einstein. "Pada dasarnya, ia mengatakan alternatif untuk teori Einstein benar-benar kehabisan ruang di sini," kata Thompson 9 Januari saat konferensi pers pada pertemuan 221 dari American Astronomical Society (AAS) di Long Beach, California, di mana ia disajikan nya bekerja. "Ini menempatkan beberapa kendala yang sangat serius pada bidang ini skalar kosmologi bergulir."

Namun, teori konstanta kosmologi tidak ideal. Nilai yang diharapkan dari konstanta, berdasarkan fisika yang dikenal, adalah nomor lebih dari 10 pangkat 60 (satu diikuti oleh 60 angka nol), yang terlalu besar untuk menjelaskan alam semesta seperti yang kita lihat.

"Teori rolling scalar fields tidak mati," kata Thompson. "Sebaliknya, mereka mungkin lebih rumit daripada model asli yang diharapkan."

Studi baru adalah yang kedua dalam waktu sekitar seminggu untuk cadangan teori Einstein. Proyek lain, juga disajikan pada pertemuan AAS, menawarkan dukungan untuk gagasan bahwa ruang-waktu pada dasarnya halus, seperti yang diperkirakan oleh si jenius abad ke-20 awal. [space]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.