Banteng di Langit Memiliki 26 Bintang Utama

Info Astronomy — Taurus adalah salah satu dari rasi bintang zodiak, Taurus dilambangkan dengan banteng. Rasi ini terletak antara Aries di sebelah barat dan Gemini di sebelah timur.

Daftar bintang

Bintang-bintang yang berada pada rasi ini adalah:

1. α Tau, merupakan bintang tercerah ketigabelas, ia adalah Aldebaran.

2. β Tau, nama lainnya adalah El Nath, Alnath, Nath yang berasal dari bahasa Arab, ia merupakan tanduk sang banteng.

3. η Tau A, adalah anggota dari gugus bintang Pleiades, bintang ganda. Nama lain untuknya adalah Alcyone yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

4. ζ Tau, variabel dari γ Cas. Bernama lain Shurnarkabti Shashutu, Alheka, dan Tien Kwan berturut-turut berasal dari bahasa Babilonia, Arab, dan China. Ia adalah bintang pada sang banteng mengarah ke Selatan atau bintang di tanduk sebelah Selatan atau Gerbang di langit.

5. θ 2 Tau, anggota dari gugus bintang Hyades, variabel dari δ, bernama lain Sct Phaesyla yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya nama dari salah satu anak-anak Hyades.

6. λ Tau, adalah bintang ganda Elthor, Althor, Althaur, dan Al Thaur, semuanya berasal dari bahasa Arab yang artinya Sang banteng.

7. ε Tau, anggota dari gugus bintang Hyades, bintang ini memiliki planet yang mengorbitnya. Nama lain dari bintang ini adalah Ain, Oculus Borealus, dan Coronis yang berasal dari bahasa Arab dan Yunani. Ia merupakan mata sang banteng / Mata (sang banteng) di utara, Nama dari salah satu anak-anak Hyades.

8. ο Tau, nama lainnya adalah Atirsagne Akkadia.

9. 27 Tau. Sistem tiga bintang, anggota gugus bintang Pleiades, nama lainnya adalah Atlas yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya nama ayah dari Hyades dan Pleiades.

10. γ Tau. Anggota dari gugus bintang Hyades. Nama lainnya Hyadum I, Prima Hyadum, Primus Hyadum, yang berasal dari bahasa Ambrosia dan Yunani. Artinya anak pertama dari Hyades.

11. 17 Tau. Anggota dari gugus bintang Pleiades. Nama lainnya adalah Electra, berasal dari bahasa Yunani yang artinya nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

12. ξ Tau. Bintang ganda yang bernama lain Ushakaron atau Yshakaron yang berasal dari bahasa Akkadia artinya Pembela.

13. δ 1 Tau. Anggota dari gugus bintang Hyades. Nama lainnya Hyadum II, Secunda Hyadum, Secundus Hyadum, dan Eudora, berasal dari kata Yunani artinya anak kedua dari Hyades.

14. θ 1 Tau. Anggota dari gugus bintang Hyades. Nama lainnya Phaeo berasal dari bahasa Yunani artinya nama dari salah satu anak-anak Hyades.

15. 20 Tau. Anggota dari gugus bintang Pleiades. Nama lainnya Maia, dari bahasa Yunani artinya nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

16. ν Tau. Nama lainnya Furibundus, berasal dari bahasa Latin yang artinya banteng yang mengamuk.

17. 5 Tau. Nama lainnya Esat, Isat, Berhan Esat, Birhan Isat, berasal dari bahasa Ge'ez yang artinya cahaya api.

18. 23 Tau. Anggota dari kelompok gugus Pleiades, variabel dari β Cep. Nama lainnya Merope, berasal dari bahasa Yunani yang artinya nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

19. μ Tau. Nama lainnya Kattupothu dan Kattu Pothu berasal dari bahasa Malayalam yang artinya banteng liar.

20. 19 Tau. Anggota dari gugus bintang Pleiades. Nama lainnya Taÿgete, nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

21. 68 Tau. Anggota dari gugus bintang Hyades, variabel dari α 2 CVn. Nama lainnya Cleeia atau Kleeia, nama dari salah satu anak-anak Hyades.

22. 119 Tau. Nama lainnya CE Tau, variabel semiregular. Disebut Ruby Star dalam bahasa Inggris karnama bintang ini seperti rubi.

23. 71 Tau. Anggota dari gugus bintang Hyades. Nama lainnya Polyxo, nama dari salah satu anak-anak Hyades.

24. 16 Tau. Anggota dari gugus bintang Pleiades. Nama lainnya Celaeno, nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

25. 21 Tau. Anggota dari gugus bintang Pleiades. Nama lainnya Asterope, nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno.

26. 22 Tau Anggota dari gugus bintang Hyades. Nama lainnya Asterope, nama dari putri-putri Pleiades, anak dari Poseidon, salah satu dewa Yunani Kuno. [riza]