Asyik! Ada Siaran Langsung Online Melintasnya Asteroid Apophis

Asyik! Ada Siaran Langsung Online Untuk Asteroid Apophis

Info Astronomy — Asteroid Apophis memang tak mungkin diamati secara langsung dari Indonesia. Asteroid ini tak melintas di atas wilayah Indonesia dan kecerlangannya pun redup, magnitudonya cuma 19,2. Tapi, terima kasih kepada teknologi. Manusia masih bisa melihatnya secara online.

Berdasarkan keterangan resmi dari situs Slooh.com, situs tersebut akan menyiarkan secara langsung lewatnya Apophis. Warga Indonesia bisa melihat Apophis melintas di jarak "hanya" 14,5 juta km dari permukaan Bumi lewat PC maupun perangkat mobile Android.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat dihubungi, Rabu (9/1/2013), mengatakan bahwa titik terdekat asteroid Apophis dengan Bumi akan dicapai Kamis (10/1/2013) sekitarpukul 07.00 WIB. Saat itulah, tayangan langsung Slooh mulai bisa dilihat.

Apa istimewanya asteroid ini?

Ditemukan tahun 2004, asteroid ini pernah diperkirakan akan menumbuk Bumi. Prediksi pertama, tumbukan akan terjadi tahun 2029 sementara prediksi kedua pada tahun 2036.

Kini, kedua prediksi tersebut bisa dibilang gugur. Tumbukan tahun 2036 misalnya, diperkirakan akan terjadin pada 13 April 2036 dengan peluang 1 banding 45.000. Kini, peluang direvisi menjadi 1 banding 250.000. Dengan demikian, peluang tumbukan hampir nol.

Jika tumbukan sampai terjadi, ledakan setara dengan 100.000 kali bom Hiroshima akan merusak sebagian Bumi. Dengan prediksi yang hampir nol, manusia tak perlu khawatir bahwa asteroid ini akan menyebabkan kepunahan. [YWU]