Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Spesial Hari Ibu: Nebula IC 1805 Berbentuk Hati Untuk Ibu

Spesial Hari Ibu: Nebula IC 1805 Berbentuk Hati Untuk Ibu


Info Astronomy — Nebula Hati (juga dikenal sebagai IC 1805, SH2-190) terletak 7500 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di Lengan Rasi Perseus dalam konstelasi Cassiopeia. Ini adalah nebula emisi gas bercahaya dan menunjukkan jalur debu gelap. Nebula ini dibentuk oleh plasma hidrogen terionisasi dan elektron bebas.

Bagian yang sangat terang dari nebula ini (simpul di bagian bawah) secara terpisah diklasifikasikan sebagai NGC 896, karena itu adalah bagian pertama dari nebula yang ditemukan.

Output intens merah nebula dan konfigurasi didorong oleh radiasi yang berasal dari sekelompok kecil bintang dekat pusat nebula itu. Klaster terbuka bintang yang dikenal sebagai Melotte 15 berisi beberapa bintang terang hampir 50 kali massa Matahari, dan bintang-bintang yang lebih redup yang hanya sebagian kecil dari massa Matahari kita. Klaster mengandung microquasar yang 'diusir' dari tempat awalnya jutaan tahun yang lalu.

Dari mitologi Yunani, konstelasi utara adalah nama untuk seorang ratu yang sombong. Pandangan mendalam dari daerah sekitar Nebula Hati, dipotong dari mosaik yang lebih besar, meliputi sekitar 2,5 derajat di langit atau sekitar 5 kali diameter Bulan Purnama. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.