Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Sisi Belakang Saturnus yang Menakjubkan

Sisi Belakang Saturnus yang Menakjubkan


Info Astronomy — Cassini telah melakukannya lagi. Sebuah mosaik 60 citra baru dari Saturnus menunjukkan pandangan sisi belakang dari dunia bercincin raksasa di beberapa panjang gelombang, membuat Saturnus terlihat seperti hiasan liburan berwarna-warni. Pada bulan Oktober, pesawat ruang angkasa Cassini sengaja diposisikan dalam bayangan Saturnus, dan kamera yang berbalik ke arah Saturnus dan dengan Matahari di balik planet itu.

"Dari semua gambar yang menakjubkan yang kita terima dari Saturnus, tidak ada yang lebih mencolok daripada yang biasa diambil dari bayangan Saturnus," kata Carolyn Porco, tim imaging Cassini memimpin Space Science Institute di Boulder, Colorado. "Mereka meluncurkan sebuah kemegahan yang jarang terlihat di tempat lain di tata surya kita."

"Melihat dari belakang terhadap Matahari adalah geometri yang disebut oleh para ilmuwan planet sebagai 'fase matahari tinggi' dekat pusat bayangan target adalah fase tertinggi mungkin," jelas tim Cassini. Hal ini tidak hanya menghasilkan gambar yang menakjubkan, tapi sangat ilmiah dan menguntungkan juga, karena dapat mengungkapkan rincian tentang kedua cincin dan suasana yang tidak dapat dilihat pada fase surya lebih rendah.

Ini adalah pandangan yang langka, pengambilan gambar ini juga ada dua bulan Saturnus: Enceladus dan Tethys. Keduanya muncul di sisi kiri planet, di bawah cincin. Enceladus lebih dekat dengan cincin, Tethys di bawah dan ke kiri.

Daerah hitam di bagian atas Saturnus adalah bayangan planet pada cincinnya. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.